Ciputat, Berita Fikes Online Tiga Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Fikes UIN Jakarta menggelar Pengenalan Budaya dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi mahasiswa baru tahun 2021 pada Kamis, (26/8/2021). Tiga HMPS tersebut adalah HMPS Farmasi, HMPS Ilmu Keperawatan, dan HMPS Kesehatan Masyarakat.

Kegiatan bertema Generation of Smart and Courteous Pharmacist Who Are Responsive to Global Challenges Valiantly (GRISEOFULVIN) itu diikuti 333 mahasiswa batu tahun akademik 2021/2022.

Rinciannya Farmasi 116 mahasiswa, Ilmu Keperawatan 111 mahasiswa, dan Kesehatan Masyarakat 106 mahasiswa.

Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan merupakan fase awal dari serangkaian kegiatan kaderisasi bagi Mahasiswa Baru Program Studi Kesehatan Masyarakat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2021.

Pada kegiatan ini, mahasiswa baru dikenalkan dengan dunia perkuliahan dan proses adaptasi terhadap lingkungan baru yang hendak dihadapi. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara daring melalui zoom meeting dengan dihadiri oleh masing-masing ketua prodi, pemateri, mahasiswa baru, panitia kegiatan, dan panitia pengawas PBAK dari Senat Mahasiswa (SEMA).

PBAK Program Studi Farmasi menghadirkan Prof Dr H Yusron Razak M A selaku Guru Besar UIN Jakarta yang membahas mengenai pengenalan Profil Farmasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tentang keprofesian farmasi, pengenalan Profil Program Studi Apoteker, dan pengenalan Laboratorium Farmasi UIN Jakarta.

Tak hanya itu, pada PBAK Program Studi Farmasi juga membahas mengenai profil Prodi Farmasi, Prodi Apoteker, dan laboratorium farmasi yang disampaikan oleh dosen-dosen Prodi Farmasi.

Kegiatan serupa juga dilakukan pada PBAK Program Studi Ilmu Keperawatan, yakni dengan melakukan pengenalan fasilitas laboratorium ilmu keperawatan, mengenalkan para dosen pengajar dan penyampaian materi.

PBAK Program Studi Kesehatan Masyarakat dikemas melalui pendekatan faktual dengan media presentasi berbentuk PPT serta penayangan video materi, video pengenalan laboratorium kesehatan masyarakat, ceramah, dan tanya jawab.

Dalam kegiatan PBAK Program Studi Kesehatan Masyarakat juga dilakukan sharing pengalaman kuliah serta tips and trick yang disampaikan oleh Prof Dr H Arif Sumantri SKM M Kes, Catur Rosidati SKM MKM, dan Eva Sarah Sutarya SKM. (Putri Choirunnisa/ FJT)