Ciputat, Berita Fikes Online – Departemen Media, Komunikasi dan Informasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Farmasi (HMPSF) Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan Automated Certification Training (ACT). Kegiatan ini dilakukan secara online melalui aplikasi virtual zoom meeting pada Sabtu, (23/07) dan dihadiri oleh 22 peserta.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk melatih peserta agar bisa membuat sertifikat secara otomatis. Dalam sambutannya, Kepala Departemen Media Komunikasi dan Informasi HMPSF, Dzikril Hakim Muhammad berujar bahwa pelatihan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi pesertanya. “Pembuatan sertifikat otomatis dapat menghemat waktu dan tenaga,” ujarnya.

Dalam kesempatan kali ini, HMPSF mengundang Haviz Yudianto, mahasiswa Farmasi 2018, sebagai narasumber. Haviz memperkenalkan berbagai alat yang digunakan untuk mengautomatisasi pembuatan sertifikat mulai dari Google Form sampai Autocrat. Haviz berujar, bahwa akan sangat melelahkan apabila dalam satu kegiatan, harus membuat sertifikat secara satu per satu. “Dengan bantuan mesin, pembuatan sertifikat akan lebih cepat,” tambahnya.

Pada dasarnya, proses automatisasi ini memanfaatkan fitur Google Workspace yang sudah terintegrasi dengan aplikasi lain seperti Google Slide, Google Docs, ataupun Google Sheet. Dengan menghubungkan data yang telah dihimpun lewat Google Form dengan menggunakan eksekutor Autocrat, maka pengguna dapat membuat berbagai bentuk keluaran secara otomatis seperti sertifikat, invoice, dan lain-lain.

Setelah menyimak materi dari narasumber, masing-masing peserta dipersilahkan untuk mempraktikkan pembuatan sertifikat secara otomatis. Praktik ini dipandu oleh panitia dan mendapatkan antusiasme dari para peserta. (Deby/FJT)