Berita Fikes Online- Epidemiology Student Association (ESA) atau Himpunan Mahasiswa Epidemiologi Prodi Kesehatan Masyarakat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah melangsungkan kegiatan Pelatihan WEB GIS. Pelatihan WEB GIS merupakan pelatihan penggunaan software Quantum GIS sebagai bentuk pengembangan ilmu geografi di dunia kesehatan. Kegiatan dilakukan secara daring dengan mengangkat topik Pemetaan Sebaran Fasilitas Kesehatan di Kota Tangerang Selatan (10/09/2022).

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan peserta dalam pengenalan dan pembuatan WEB GIS bidang kesehatan secara mandiri. Sasaran pelatihan adalah mahasiswa dan lulusan Kesehatan Masyarakat dari Universitas se-Jabodetabek. Namun, tingginya antusiasme peserta, sehingga pendaftar berasal dari berbagai institusi di Indonesia. Terdapat 218 peserta pelatihan yang terdiri dari mahasiswa, lulusan Kesehatan Masyarakat, dan masyarakat umum. Peserta berasal dari berbagai institusi di Indonesia, seperti UIN Jakarta, UI, UGM, IPB, Universitas Terbuka, UPNVJ, dan lainnya. Adapun asal instansi peserta umum yang mengikuti pelatihan, ialah Bappeda Litbang Kabupaten Merauke, BPBD Provinsi Sumatera Barat, BPN Sulawesi Selatan, dan lainnya.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh dosen Pembina ESA, Dr. Minsarnawati., S.K.M, M.Kes. Narasumber pelatihan Dr. Sodikin., S.Pd. M.Si, M.P.W.K. Beliau adalah dosen Program Studi Magister Studi Lingkungan Universitas tersertifikasi Ahli Madya SIG, dan Ahli Muda Penginderaan Jauh BNSP.

Rangkaian acara terdiri dari penyampaian materi mengenai WEB GIS, tanya jawab, dan praktik langsung. Simulasi dan praktik ini dilakukan di breakout zoom oleh 5 kelompok, didampingi Tim GIS UIN dan fasilitator. Output dari pelatihan ini, ialah peserta membuat WEB GIS mengenai sebaran fasilitas kesehatan di Kota Tangerang Selatan.

Pada acara ini, panitia juga memberi apresiasi dan hadiah hiburan kepada peserta terbaik yaitu Abdi Maulana dari USK Aceh dan M.Zidan Yusariza dari UIN Jakarta. Acara ditutup setelah pembacaan doa dan foto bersama. (mw/zr)