Ciputat, BERITA Fikes Online– Epidemiology Student Association (ESA) Fikes UIN Jakarta mengadakan Penyuluhan Kesehatan dan Bakti Sosial di Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa, Cirendeu, Tangerang Selatan pada Sabtu (12/3/2022).

Sebanyak 15 dari 23 panitia turun langsung ke lokasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Acara “ESA For Public” ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak dan melaksanakan edukasi kesehatan tentang kebersihan kulit pada anak usia 10-12 tahun sebanyak 24 anak.

Dr. Ida Rosyidah, MA selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Fikes UIN Jakarta sangat mendukung dan mengapresiasi program mahasiswa tersebut. Ida berharap kegiatan ESA For Public dapat bermanfaat dan karena materi yang disampaikan  bersifat edukatif maka, semoga dapat diterapkan oleh anak-anak di Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa.

Rangkaian kegiatan ESA For Public 2022 terdiri dari penyuluhan kesehatan yang narasumbernya adalah mahasiswa Kesehatan Masyarakat Fikes UIN Jakarta yaitu, Putri Kurniawati dan Tri Murti yang juga menjabat sebagai Ketua ESA dan anggota ESA periode 2021/2022. Rangkaian acara selanjutnya yaitu, pemberian bingkisan, santunan, sertifikat untuk pihak Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa, pemberian bingkisan untuk anak-anak sebanyak 24 bingkisan, dan pemberian 3 hadiah pada anak-anak yang aktif bertanya maupun menjawab kuis setelah penyuluhan kesehatan dengan benar.

Sebelum diberikan penyuluhan, anak-anak di Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa diwajibkan mengisi pre test sebelum penyuluhan dan post test sesudah penyuluhan. Hal ini bertujuan untuk dapat diketahuinya perubahan pengetahuan pada anak-anak Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa sebelum dan sesudah penyuluhan tentang kebersihan kulit. Hasil dari pre test dan post test didapatkan pengetahuan anak-anak naik sebesar 23,96% dari nilai rata-rata pre test sebesar 80,00 menjadi 99,17 di post test.

Wirda Cahya Putri selaku ketua pelaksana ESA For Public 2022 berharap diselenggarakannya kegiatan ini dapat menjadi manfaat bagi anak-anak Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa dalam meningkatkan pengetahuan dan bentuk kepedulian terhadap sesama.

“Adapun pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat, khususnya adik-adik di Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa. Adik-adik akan mendapatkan pengetahuan dan manfaat yang didapatkan setelah berlangsungnya kegiatan ini. Diharapkan adik-adik dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan semoga Allah swt senantiasa memberikan kelancaran dalam pelaksanaan kegiatan ini.” ujar Wirda dalam sambutannya.

Sementara, Agus Juliyanto selaku staff pengajar di Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa menyampaikan ungkapan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada mahasiswa yang sudah melaksanakan penyuluhan kesehatan yang sangat bermanfaat untuk anak-anak di Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa.

“Alhamdulillahi Rabbil’alamin, terima kasih saya ucapkan yang sebanyak-banyaknya kepada mahasiswa ESA dari Kesmas UIN Jakarta yang telah hadir dan memberikan penyuluhan kepada adik-adik di Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa ini. Saya merasa adik-adik disini membutuhkan pengetahuan tentang kebersihan kulit agar terhindar dari penyakit kulit. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk adik-adik disini dan menjadi amal jariah untuk panitia ESA For Public. Aamiin.” Ujar Agus Juliyanto. (zr/tim jurnalis)