Ciputat, BERITA FIKES OnlineFakultas Ilmu Kesehatan UIN Jakarta menggelar acara Yudisium dan Pelepasan Lulusan FIKES untuk pelaksanaan Wisuda 117 pada Jumat, 28/8/2020 secara daring.

Kegiatan bertema “Menjadi Lulusan Unggul Saat Pandemi” ini diikuti 104 lulusan FIKES yang akan diwisuda daring pada Sabtu, 29 Agustus 2020 oleh Rektor UIN Jakarta Prof Dr Hj Amany Lubis MA.

Wakil Dekan Bidang Akademik Irma Nurbaeti SKp MKes SpMat PhD saat membacakan SK Dekan tentang Lulusan FIKES Wisuda 117 ini merinci jumlah lulusan setiap prodi, 35 orang dari Prodi Kesehatan Masyarakat, 11 orang Prodi Farmasi, dan 58 orang Prodi Ilmu Keperawatan.

Irma juga mengumumkan Lulusan Terbaik setiap prodi, yaitu Prodi Ilmu Keperawatan Izzah Amalina, lulus 20 Juli 2020, IPK 3,79/Kumlaude, Prodi Kesehatan Masyarakat Nindy Widiastuti, lulus 10 Juli 2020, IPK 3,71/Kumlaude, dan Prodi Farmasi Amalia Nur Khalifah, lulus 21 Juli 2020, IPK 3,70/Kumlaude.

Sementara, lulusan terbaik Fakultas adalah Nurul Adilah Prodi Ilmu Keperawatan, lulus 16 Juli 2020, IPK Yudisium 3,79/Kumlaude, judul skripsi “Hubungan Antara Pengetahuan Santri Mengenai ISPA dan Lingkungan Fisik dengan Kejadian ISPA di Pesantren Nurul Fikri Boarding School Serang antenTahun 2019.”

“Sebagai apresiasi dari Fakultas, seluruh lulusan terbaik diberikan piagam penghargaan yang ditandatangani Dekan FIKES,” ujar Irma.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama Dr Ida Rosyidah MA mengumumkan prestasi non akademik lulusan FIKES, baik tingkat nasional maupun internasional.

Mereka adalah Nur Kholifatur Rosyidah Prodi Ilmu Keperawatan dengan prestasi Penulis buku “Berani Mimpi”, 2019, Jakarta, Penulis buku “Perjalanan Air Mata”, 2019, Juara 1 Lomba Musabaqoh Syarhil Qur’an, PSIK 2018, Juara 1 Lomba Musabaqoh Syarhil Qur’an, 2019, Juara 1 Lomba Da’iyah, FIKES 2019, Mudabbirah Terbaik Mabna Syarifah Khodijah, 2018 (Asrama putri fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Selanjutnya, Babucarr Jassey Kesehatan Masyarakat dengan prestasi Juara 1 Essay Organised by Gambia Association of Public Health Officers (GAPHO) dengan tema “Mental Health, a problem of homeless people”, Juara 1 Public Speaking Bahasa Prancis di Alliance Francais theatre Hall Gambia (2019), Expert on Pneumonia Disease and Childhood Illnesses (2020; Internasional) Baltimor, Best Speech (2019, Internasional); Internasional seminar and workshop on cardiac emergrncy (2020, Internarional), dan Skills on street Da’wah to non muslims (2018, Internasional).

Terakhir, Rinaldi Nur Ibrahim dari Prodi Farmasi dengan prestasi Best Delegate Youtex Seoul South Korea, 2017, Delegasi Indonesia dalam kegiatan Uneos Thailand 2017, Delegate HFES Japan 2018, Putera Bahari Indonesia Persahabatan 2019, Pemuda Pelopor Tangerang Selatan 2019, Pembicara Seminar International Youth Day 2020, Pembicara Seminar Youth Inspiration Community 2020, dan Pembicara Westopodia National Ramadan Festival 2020.

Sementara, Dekan FIKES Dr apt Zilhadia MSi dalam sambutannya mengatakan, lulusan ini adalah istimewa dan tangguh karena berhasil menyelesaikan studi di saat terjadi pandemi.

“Tidak mudah untuk lulus di era pandemi ini karena butuh kestabilan emosi dan usaha ekstra untuk menyelesaikannya,” ujar Zilhadia.

Usai lulus, Zilhadia mendorong para lulusan untuk dapat melanjutkan studinya ke profesi, sehingga full menyandang profesi yang disematkan.

“Kalau mau bekerja dulu silahkan, itu juga mulia,” imbuhnya.

Zilhadia menegaskan menjadi lulusan FIKES UIN Jakarta merupakan kebanggaan tersendiri. Pasalnya, katanya, lulusan FIKES UIN Jakarta memiliki nilai tambah karena telah mempelajari ilmu yang terintegrasi antara Ilmu Agama dan Ilmu Kesehatan.

“Tidak ada yang seperti lulusan UIN Jakarta, maka kalian harus bangga. Di Indonesia pasti tahu semua UIN Jakarta, maka harus bangga dengan UIN Jakarta dan harumkan almamater kalian,” tegasnya.

Harapan kita, lanjutnya, alumni yang sudah sukses dapat mengambil peran dalam memperhatikan adik kelasnya dengan memberikan bantuan moril maupun materil.

“Semoga ini menjadi amal jariah, karirnya tambah berkah, dan dimudahkan Allah jalan menuju sukses,” pungkasnya.

Diinformasikan, untuk persiapan Wisuda 117 ini, baju toga dan undangan dikirimkan Fakultas kepada seluruh peserta melalui jasa ekspedisi. Berdasarkan laporan Akademik FIKES, seluruh peserta sudah menerima kiriman paket tersebut. (mf)