Berita Fikes Online- Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah dinyatakan memenuhi seluruh rangkaian proses akademik sehingga telah layak menyandang Gelar Sarjana melalui kegiatan Yudisium Sarjana FIKES yang dilaksanakan Kamis (02/06/2022) di Ruang Auditorium MK Tajuddin dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebanyak 23 orang mahasiswa/i calon wisudawan yang mengikuti yudisium berasal dari Program Studi Farmasi (13 orang), Program Studi Ilmu Keperawatan (2 orang) dan Program Studi Kesehatan Masyarakat (8 orang).

Kegiatan yudisium dihadiri oleh para pejabat di lingkungan FIKES, antara lain Dekan FIKES Dr. Apt. Zilhadia, M.Si, Wakil Dekan I Irma Nurbaeti, S.Kp., M.Kes., Sp.Mat., PhD..,  Wakil Dekan III Dr.Ida Rasyidah, Kabag TU Dra. Madinatul Musyarofah, dan Kasubag AkademikAbdul Basyir, S.Ag, serta para Ketua Prodi lingkup FIKES UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Acara berlangsung sangat khidmat yang dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Ikhtiar Inayahdin, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan penampilan paduan suara. Acara  kemudian dilanjutkan dengan pembacaan SK kelulusan. Dalam kesempatan itu juga diumumkan para calon wisudawan terbaik. Gelar wisudawan terbaik program studi Farmasi disematkan kepada Sarah Nahdah Z.S, wisudawan terbaik program studi ilmu keperawatan yaitu Farah Hilma Arzakiyah dan wisudawan terbaik program studi kesehatan masyarakat disematkan kepada Fazza Kahirun Nisa’. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan SK Kelulusan kepada calon wisudawan

Acara dilanjutkan dengan sambutan dan pelepasan calon wisudawan oleh Dekan FIKES UIN Jakarta, Dr. Apt. Zilhadia, M.Si. Dalam sambutannya, dekan menyampaikan ucapan selamat kepada para calon wisudawan yang telah melalui proses yang penuh perjuangan semasa kuliah. Selain itu, dekan juga menitipkan pesan-pesan akademik sebagai motivasi yang harus dijadikan patokan bagi peserta yudisium. Daiantara beberapa pesan yang dititipkan kepada calon wisudawan adalah untuk tetap berkomunikasi dengan pihak prodi atau fakultas setelah mendapat pekerjaan sebagai tracer study dan tetap aktif di ikatan alumni fakultas ataupun prodi masing-masing. “Selamat kepada semua, mohon maaf lahir dan batin jika ada yang kurang berkenan dan terima kasih para orang tua yang telah menitipkan anak-anaknya kepada kami” ujar Dr.Zilhadia.

Sementara itu, pesan dan kesan mahasiswa disampaikan oleh perwakilan mahasiswa terbaik Fazza Kahirun Nisa’ dari prodi kesehatan masyarakat. Fazza mengungkapkan rasa bangganya dapat belajar dan menuntut ilmu di FIKES UIN Jakarta. Bagi Fazza FIKES adalah rumah ke dua untuk menimba ilmu, mengabdi kepada masyarakat dan melakukan penelitian ilmiah untuk mengamalkan tri dharma perguruan tinggi. “Ucapan terima kasih kami kepada para Dosen, Staf FIKES dan seluruh pihak yang telah membantu kami, utamanya dalam hal mentransfer ilmunya sejak awal kami kuliah hingga saat ini,” kesan Fazza. “Saya mewakili seluruh calon wisudawan, memohon doa restu untuk melanjutkan perjuangan karena perjalanan kami masih panjang”tutup Fazza.

Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Abdul Basyir, S.Ag yang juga selaku kasubag akademik. Acara yudisium diakhiri dengan rangkaian kegiatan ramah tamah dan foto bersama calon wisudawan bersama pimpinan Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (WR/IN)