Ciputat, Berita FIKES Online– Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UIN Jakarta melepas 76 lulusan pada kegiatan Yudisium dan Pelepasan Lulusan FIKES UIN Jakarta Wisuda ke-119 pada Jumat, (26/2/2021) via zoom.

Saat pembacaan SK Dekan No 7 Tahun 2021 tentang Lulusan dan Lulusan Terbaik FIKES, Wakil Dekan Bidang Akademik Irma Nurbaeti menyebutkan, 47 lulusan dari Prodi Farmasi, 28 lulusan dari Prodi Kesehatan Masyarakat, dan 1 lulusan dari Prodi Ilmu Keperawatan.

Untuk lulusan terbaik, lanjut Irma, dipilih berdasarkan IPK terbesar, yaitu Vella Suryaningsih IPK 3,55 (Kumlaude) terbaik dari Prodi Kesmas, Nurul Istiqomah IPK 3,09 (Amat Baik) terbaik PSIK, dan Dewi Anggun Lestari IPK 3,70 (Kumlaude) terbaik Prodi Farmasi sekaligus menjadi terbaik Fakultas yang diajukan ke Universitas sebagai wakil FIKES.

“Lulusan terbaik Prodi dan Fakultas mendapatkan penghargaan berupa piagam yang akan diserahkan sercara virtual setelah pembacaan SK ini,” ujar Irma.

Usai pembacaan SK, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Alumni Dr Ida Rosyidah MA berkesempatan membacakan Prestasi Non Akademik Lulusan FIKES Wisuda-119.

“Ada 20 lulusan FIKES yang memiliki Prestasi Non Akademik pada wisuda kali ini,” ujar Ida.

Prestasi ini, sambungnya, berkategori nasional dan internasional yang menjadikan FIKES menjadi lebih dikenal di berbagai tempat.

“Ini bagus untuk memperkenal FIKES UIN Jakarta, sehingga mereka tidak ragu lagi dengan kualitas mahasiswa kita,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Alumni FIKES Arif Kurniawan SKM mendapatkan kesempatan untuk memberikan testimoni sebagai alumni. Arif mengatakan, FIKES UIN Jakarta telah menyumbang banyak alumni unggul di perusahaan, rumah sakit, klinik, bahkan Kementerian Kesehatan.

Dia berharap, alumni FIKES UIN Jakarta harus menjadi alumni yang unggul dan senantiasa menjadikan pekerjaannya sebagai ibadah bukan karena uang semata.

“Seorang alumni juga harus menyesuaikan dirinya dengan perkembangan teknologi yang ada,” ujar Arif.

Dia mengutip sebuah hadis yang menyebutkan kebahagiaan hidup dapat diraih dengan ilmu, baik di dunia maupun akhirat.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FIKES Dr apt Zilhadia MSi menyampaikan nasihat pembekalan serta ucapan selamat kepada para wisudawan.

Zilhadia mengatakan, sebagai alumni FIKES di era pandemi Covid-19 ini haruslah siap untuk menghadapi segala tantangan dan rintangan.

“Tidak perlu khawatir mengenai pekerjaan yang didapatkan setelah lulus nanti, karena FIKES sudah memiliki akreditasi dan alumni yang unggul,” ujarnya.

Untuk lapangan pekerjaan, sambungnya, banyak perusahaan, rumah sakit, klinik, bahkan kementerian tertarik untuk merekrut alumni FIKES Jakarta.

“Tugas kita sebagai tenaga kesehatan adalah untuk mengedukasikan pentingnya menjaga dan mematuhi kesehatan, tetapi dengan cara yang menarik,” imbuhnya.

Ditambahkannya, seiring perkembangan teknologi, edukasi kesehatan ini dapat dilakukan secara virtual melalui konten-konten yang dapat dibagikan kepada masyarakat melalui media sosial seperti Youtube, Instagram dan sebagainya. Bahkan dari tugas seorang nakes (Tenaga Kesehatan) ini dapat dijadikan sebagai lahan pekerjaan baru, yaitu content creator.

Zilhadia juga berpesan kepada lulusan untuk tidak melupakan almamaternya yang pernah menjadi tempat untuk menimba ilmu.

“Jangan sampai tali silaturahmi yang telah terbangun menjadi putus seiring dengan berjalannya waktu,” pungkasnya. (Tim Jurnalis FIKES)