Ciputat, BERITA Fikes Online– Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) menerjunkan 18 petugas skrining vaksinasi di Kabupaten Tangerang, Selasa (29/06/2021).

Petugas skrining yang didampingi Dekan Fikes Dr apt Zilhadia MSi dan Wakil Dekan Bidang Akademik Irma Nurbaeti PhD saat pelepasannya itu terdiri dari dosen, laboran, dan mahasiswa Fikes yang disebar di sembilan puskesmas kecamatan, dengan rincian:

Ns Adelina Vidya Ardiyati MKep dan apt Mita Restiani MSi di Puskesmas Caringin Kecamatan Legok, Iklil Farida Skep dan Latifah di Puskesmas Cisoka Kecamatan Cisoka, Akromul Ikhsan Baihaqi SKep dan Meita Zwei Nurpratiwi di Puskesmas Kedaung Barat Kecamatan Sepatan Timur, Putri Adelia Taufuk Skep dan Alifah Nurul Khotimah di Puskesmas Jambe Kecamatan Jambe, Febriyanti Skep dan Fatimah Zahratannor di Puskesmas Jayanti Kecamatan Jayanti, Zatiara Sarwinanda Skep dan Nur Latifah di Puskesmas Kosambi dan Salemba Jaya Kecamatan Kosambi, Anindia Alhumaira Skep di Puskesmas Pakuhaji dan Sukawali Kecamatan Pakuhaji, Ninti Alifia Styanign Skep dan Amani Istiqomah Skep di Puskesmas Pasir Nangka Kecamatan Tigaraksa, Melani Fati Rahma Skep dan Risca Hayatun Nikmah di Puskesmas Rajeg Kecamatan Rajeg.

Diketahui, pengiriman petugas ini berdasarkan surat Permohonan Partisipasi dari Dinas Pemerintah Kabupaten Tangerang kepada UIN Jakarta pada 23 Juni lalu.

Dalam surat yang ditandatangani Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr Hj Desiriana Dinardianti MARS disebutkan Pemerintah Tangerang akan melaksanakan Vaksinasi covid secara serentak di seluruh wilayah Tangerang pada 29 Juni 2021 dengan jumlah 35.000 orang dalam rangka percepatan Vaksinasi Covid 19.

Untuk itu, dibutuhkan tim yang terdiri dari petugas pendaftaran dan verifikasi, petugas skrining, petugas vaksinasi, dan petugas pencatatan obeservasi. Tim Fikes sendiri ditempatkan sebagai petugas skrining.

Pada hari pelaksanaannya, Tim Fikes bergabung dengan tim lainnya di depan Gedung rektorat UIN Jakarta untuk dilepas Rektor UIN Jakarta Prof Dr Hj Amany Lubis MA.

Pelepasan di antaranya dihadiri Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Hari Hendarto, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Zilhadia, dan Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian Kastolan.

Dilansir dari BERITA UIN Online, UIN Jakarta mengirimkan 60 relawan tenaga kesehatan ke sembilan kecamatan di Kabupaten Tangerang, Banten. Pengiriman tenaga relawan ini merupakan pertama kalinya dilakukan UIN Jakarta di bawah koordinasi Dinas Kesehatan Kabupaten Tengerang.

Alhamdulillah, hari ini kita melepas sebanyak 60 relawan dari UIN Jakarta. Para relawan akan dikirim ke sembilan kecamatan di Kabupaten Tangerang guna membantu pemerintah setempat dalam program vaksinasi. Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan dimudahkan Allah SWT,” kata Rektor saat pelepasan.

Rektor menambahkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada tim relawan yang ikut berpartisipasi dalam percepatan program vaksinasi di Indonesia, khususnya di Kabupaten Tangerang. Program ini merupakan tugas mulia kemanusiaan guna melawan virus korona (Covid-19) yang angka kasusnya terus meningkat.

Karena itu, UIN Jakarta melalui program partisipasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi berharga bagi pemerintah, khususnya pemerintah daerah Tangerang, yang sedang menargetkan program 200.000 vaksin di seluruh kecamatan.

“Pengiriman tenaga relawan ini juga merupakan komitmen UIN Jakarta dalam upaya ikut menanggulangi penyebaran Covid-19 di Indonesia,” ujarnya.

Pimpinan UIN Jakarta foto bersama di depan beberapa armada yang akan mengangkut para relawan tenaga kesehatan.

Sementara itu, menurut Dekan FK yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 UIN Jakarta Hari Hendarto, dalam pengiriman 60 tenaga relawan kesehatan ini tim UIN Jakarta akan memvaksin sebanyak 35.000 orang yang ada di sembilan kecamatan, yakni Legok, Cisoka, Sepatan Timur, Jambe, Jayanti, Kosambi, Pakuhaji, Tigaraksa, dan Rajeg.

Tim relawan UIN Jakarta yang dikirim ke Tangerang merupakan gabungan dari FK, Fikes, Rumah Sakit Syarif Hidayatullah, dan Klinik Pelayanan Kesehatan Masyarakat (KPKM). Mereka akan disebar di sembilan kecamatan sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing.

“Mohon doanya semoga para relawan UIN Jakarta diberi keselamatan dan kesehatan selama menjalankan tugas,” ujarnya menutup sambutan. (mf)