Jakarta, Berita Fikes online– UIN Jakarta telah menandatangai Memorandum of Understanding (MoU) dengan International Mental Health Cooperation and Training Center (IMHCTC), Taiwan secara virtual melalui pendekatan desk to desk ceremony. MoU tersebut ditandatangani oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr.Amany Lubis, M.A. dan Dekan FIKES UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. apt. Zilhadia, M.Si. (19 Mei 2022 di Taiwan dan 24 Mei di Indonesia).

Adanya penambahan jumlah MoU ini dengan berbagai universitas atau mitra lainnya di luar negeri itu sangat penting sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan  rekognisi FIKES UIN Jakarta di tingkat Internasional. Kerjasama ini diinisisasi oleh Erni Agustin, Ph.D., dosen PSIK FIKES UIN Jakarta. “Semula penandatangan ini akan dilakukan secara daring yang dihadiri kedua pihak namun karena di Taiwan sedang pandemic dan para petinggi di IMHCTC sedang sibuk terlibat dalam penanganan pandemic tersebut maka penandatangannya tidak bisa dilakukan secara seremonial”, ujar Erni Agustin.

Dekan FIKES UIN Jakarta merespon dengan antusias adanya inisasi kerjasama baru dengan mitra di Taiwan ini. “Alhamdulilah UIN Jakarta sudah memiliki 36 Kerjasama dengan Universitas di luar Negri dan FIKES UIN Jakarta selama ini cukup aktif dalam menginisiasi untuk perluasan Kerjasama UIN Jakarta dengan berbagai Universitas di Luar Negeri seperti Griifith University di Autralia, Tohoku University dan Josai University di Jepang dan lain-lain”, ujarnya.

Kerjasama dengan IMHCTC ini merupakan Kerjasama sama pertama di lingkungan UIN Jakarta dengan negara di wilayah Asia Tenggara Kepulauan. Dekan FIKES UIN Jakarta lebih lanjut menyatakan “Semoga dosen-dosen FIKES segera bisa memanfaatkan Kerjasama ini dengan sebaik-baiknya”. (ir/zr)