Gedung Fikes, BERITA Fikes Online – Fikes Journalist Team (FJT) Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Jakarta menggelar Pelatihan Dasar Master of Ceremony (MC) dan Jurnalistik bagi mahasiswa pada 14-15 Juli 2022. Acara berlangsung di Gedung Fikes dan dibuka Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Ida Rosyidah.

Pemimpin Redaksi FJT, Putri Choirunnisa, berharap acara tersebut dapat mewadahi minat dan bakat mahasiswa Fikes dalam bidang MC dan jurnalistik. Selain itu, menurut dia, pelatihan juga dapat meningkatkan kualitas mahasiswa dalam mengembangkan potensi dan keahlian yang dimilikinya.

“Mahasiswa Fikes yang memiliki minat dan bakat jadi MC atau jurnalis diharapkan dapat meningkatkan kualitas dirinya,” ujarnya seusai acara penutupan di lantai 3 Gedung Fikes, Jumat (15/7/2022).

Putri lebih lanjut menuturkan, pelatihan bertujuan selain untuk memberi bekal keterampilan mahasiswa juga untuk mengisi kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Fikes. “Saat ini Fikes sedang mencari tenaga MC dan jurnalis dari kalangan mahasiswa. Hasilnya nanti untuk membawa acara kegiatan dan menulis berita di website fakultas,” ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Ida Rosyidah. Ia berharap pelatihan dasar MC dan jurnalistik dapat mengembangkan keahlian mahasiswa di bidang pembawa acara dan penulis berita. Hal tersebut dikarenakan Fikes mempunyai banyak kegiatan yang mengharuskan para mahasiswa memiliki keahlian MC dan jurnalistik.

Menurut Ida, Fikes memiliki banyak kegiatan yang membutuhkan para ahli MC dan para jurnalis berita yang andal. Mereka dapat memandu kegiatan-kegiatan formal maupun non formal, termasuk kegiatan hiburan, yang diselenggarakan oleh Fikes.

Tujuan lain adalah untuk melatih keterampilan para mahasiswa, sehingga dapat berguna bagi mereka setelah lulus nanti. “Dari pelatihan tersebut para mahasiswa dapat mengimplementasikan pengetahuan dan skill yang mereka diperoleh. Sebab, pengetahuan tanpa dibarengi dengan praktik tidak akan berguna,” tutupnya.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari itu diisi oleh para MC dan jurnalis berkompeten. Pada pelatihan MC menghadirkan narasumber Endah Nina Kurniasih, Eva Nauli Aprilia, dan Taufan Maulana Firdaus. Sementara pada pelatihan jurnalistik mengundang narasumber Mujiburahman, Zaenal Muttaqin, dan Nanang Syaikhu. (sam/zr)