Ciputat, Berita Fikes online – Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan sosialisasi terkait pentingnya kesehatan. Kegiatan yang dilakukan di Kampung Pemulung dengan target sosialisasi masyarakat Kampung Pemulung ini diadakan secara tatap muka selama dua hari, yaitu pada Senin dan Selasa (18-19/7).

Kegiatan ini mengusung tema “Gerakan Fikes Mengabdi dan Mengajar, Mengabdi dengan Aksi, Bergerak dengan Hati” dan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat sekitar tentang kesehatan kepada anak-anak, penyuluhan kesehatan, sekaligus melakukan pengecekan juga pengobatan gratis kepada masyarakat setempat. Kegiatan diawali dengan pembukaan Gerakan Fikes Mengabdi (Gen FM) dan ramah tamah pada hari pertama.

Pada hari terakhir, Gen FM diawali dengan senam bersama masyarakat. Kemudian, dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan dan pengecekan serta pengobatan gratis bagi masyarakat setempat. Zilhadia, selaku Dekan Fikes UIN Jakarta juga turut hadir dalam kegiatan ini.

Mila, salah satu ibu rumah tangga di Kampung Pemulung berujar bahwa sebelumnya dia tidak pernah mengecek kesehatannya. “Saya gak tahu, karena saya takut,” ucapnya Selasa, (19/7). Kegiatan Gen FM membuat ia bersyukur karena dapat mengetahui kondisi kesehatannya

Sementara itu, Ketua Pelaksana Gen FM, Qanita Zulfa menyampaikan bahwa kegiatan seperti Gen FM tidak seharusnya hanya menjadi program kerja yang hanya dilakukan setiap satu tahun sekali. Ia berharap bahwa untuk kedepannya kegiatan ini menjadi kegiatan rutin yang diadakan setiap satu atau tiga bulan sekali. (Ardelia/FJT)