Ciputat, BERITA FikesOnline – Rabu, (25/08/2021), Himpunan Mahasiswa Program Studi Farmasi UIN Jakarta telah menggelar kegiatan dalam rangka 10th Pharmacy Expo UIN Jakarta, dengan mengusung tema “GRAVITY: Grow your Ability, Show Your Creativity, and Let The Universe Find You.” Kegiatan tersebut diadakan pada 5 Agustus hingga 22 Agustus 2021 dan dilakukan secara online dan offline.

Kegiatan diawali dengan praktik pembuatan hand sanitizer dan pengabdian masyarakat di Kampung Pemulung Rao Limbah, Ciputat, Tangerang Selatan. Pengabdian masyarakat dilakukan dengan membagikan bantuan berupa sembako dan hand sanitizer yang telah dibuat kepada pak Gareng selaku perwakilan dari Kampung Pemulung. Kegiatan tersebut dilakukan pada 7 Agustus 2021.

Kegiatan Pharmacy Expo UIN Jakarta selanjutnya, yakni seminar nasional dengan mengusung tema “Preskripsi dan Pengembangan Produksi Brand Farmasi pada Era Society 5.0. Seminar diadakan pada Minggu, 14 Agustus 2021 dan dihadiri oleh 383 partisipan yang terdiri dari mahasiswa/i Farmasi seluruh Indonesia, Apoteker, tamu undangan, dan Dosen Farmasi UIN Jakarta.

Seminar diisi dengan penyampaian materi oleh Direktorat Pelayanan Kefarmasian Kemenkes RI apt Dina Sintia Pamela S Si M Farm, Direktorat Pengawasan OT dan Suplemen Kesehatan Badan POM RI apt Purnama Dwi Tistiyanto S Farm, Research and Development PT Paragon Innovation and Technology Yani Rahmawati MSi, UKOT, CV. Khalila Tradisional Indonesia apt Hendra Budiman M Si S Si, Praktisi Apoteker dan Telefarmasi pada Bidang Chain Pharmacy apt Hendra FJ M Si, serta turut dihadiri apt Dina Sintia Pamela Ssi M Farm selaku Direktorat Pelayanan Kefarmasian Kemenkes RI sebagai Keynote Speaker.

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan Opening dan Closing Ceremony pada 21 dan 22 Agustus melalui Zoom Meeting. Dihadiri langsung oleh Dekan Fikes UIN Jakarta Dr apt Zilhadia  M Si, Wakil Dekan III Bidang Akademik  Dr Ida Rosyidah  M A, Kepala Program Studi Farmasi UIN Jakarta  Dr  apt Nurmeilis  M Si,  para peserta lomba 10th Pharmacy Expo Gravity, Dosen Program Studi Farmasi UIN Jakarta, juri, tamu-tamu undangan, dan ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Farmasi Reyhan Diva Zaafira.

Opening Ceremony dimulai dengan sambutan-sambutan. Salah satu sambutan datang dari ketua pelaksana 10th Pharmacy Expo UIN Jakarta Lathifah Putri Novanti. “Opening dan closing hari ini merupakan kegiatan puncak dari Pharmacy Expo yang mana diadakannya perlombaan tingkat nasional,” jelasnya. Setelah sambutan, kegiatan dilanjut dengan pelaksanaan lomba Patient Counseling Competition (PCC), Poster Competition dan Essay Competition bagi para peserta lomba. Kemudian, Opening Ceremony diakhiri dengan penayangan video pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Farmasi UIN Jakarta.

Closing Ceremony dilanjutkan pada hari berikutnya yang dibuka dengan  penayangan video peserta Pharmacy UIN Vocal Combat (PUVC) beserta proses penjurian oleh Berliana Novianita dan Ratih Dara Syadilla (Alumni mahasiswa Farmasi UIN Jakarta). Kemudian acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba 10th Pharmacy Expo UIN Jakarta. (Alfiyatu Mafiroh / FJT).