Ciputat, BERITA FIKES Online– Himpunan Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat (HMPSKM) menggelar seminar kepenulisan pada Sabtu (27/02/21) dan pelatihan poster pada Sabtu (20/3/2021). Keduanya dilakukan secara virtual.

Seminat yang dihadiri 201 peserta ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan esai yang baik dan benar, serta cara membuat poster melalui photoshop kepada mahasiswa Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UIN Jakarta.

Sekretaris Prodi Kesmas UIN Jakarta Dr Iting Shofwati menjadi salah satu pemateri seminar kepenulisan dengan tema Mengenal Esai Ilmiah: Etika Kepenulisan dalam Bidang Akademis dan Program Pengoperasian Aplikasi Mendeley.

Iting mengatakan bahwa ketika menulis atau menyampaikan suatu ilmu yang bermanfaat, hal itu dapat menjadi salah satu tabungan dan bisa dharapkan untuk terus mengalir sampai nanti di Yaumul Akhir.

Selvia Dwi Putri Handayani, Mahasiswa Prodi Kimia IPB juga menjadi pemateri dalam seminar kepenulisan dengan materi esai ilmiah. “Menulis esai, karya tulis, dan artikel adalah bentuk practice learning” ujar Selvia. Dalam penyampaiannya, Selvia mengatakan bahwa kita tidak bisa hanya melihat atau mendengar mengenai esai, karya tulis, dan artikel untuk dapat langsung menulis. Tetapi, kita harus mempraktikkan hal tersebut untuk mendapat manfaatnya secara maksimal. Maka dari itu kita bisa mengetahui  kekurangan serta kesulitannya dan bagaimana cara mengatasinya.

Di akhir kegiatan seminar kepenulisan terdapat tantangan bagi peserta seminar untuk menulis esai dengan tema: Peran Kesehatan Masyarakat dalam Menghadapi Triple Burden Disease di Indonesia.

Sementara itu, untuk kegiatan pelatihan poster dihadiri oleh Mutia Titis Rizki, Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat UIN Jakarta 2017. Mutia sebagai pemateri terkait Design dengan Photoshop, yang menjelaskan mengenai aplikasi desain, dasar desain dan jenis poster, serta berbagai tools di photoshop. Mutia juga mempraktikkan bagaimana cara pembuatan sebuah poster kepada para peserta. Di akhir kegiatan terdapat praktik dan pengumpulan poster yang bertemakan kesehatan untuk para peserta. (fikes journalist Team)