Ciputat, BERITA FIKES Online– Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UIN Jakarta melepas 85 lulusan pada wisuda ke-122 secara virtual pada Rabu (10/11/2021).

Wakil Dekan Bidang Akademik Fikes Irma Nurbaeti SKp MKes SpMat PhD yang membacakan SK Dekan Nomor 120 Tahun 2021 tentang Lulusan dan Lulusan Terbaik Fikes menyebutkan dari lulusan Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat sebanyak 33 orang, Prodi Farmasi 28 orang, dan Prodi Ilmu Keperawatan 22 orang.

Dari lulusan tersebut, lanjut Irma, ada empat lulusan terbaik bidang akademik, yaitu tiga orang terbaik prodi dan satu orang terbaik Fakultas. Mereka adalah Tifany Putri Sahara (Prodi Farmasi, IPK 3,72 Kumlaude), Anabella Jasmine Nurnadira (Prodi Ilmu Keperawatan, IPK 3,75 Kumlaude), dan Tri Aulina Fitriani (Kesmas, IPK 3,76 Kumlaude). Nama terakhir yang disebutkan menjadi Lulusan Terbaik Fikes Wisuda 122.

“Lulusan Terbaik Fakultas menjadi wakil Fikes di wisuda universitas nanti pada Sabtu, 13 November 2021 secara virtual,” ujar Irma.

Selain lulusan terbaik, diumumkan juga kategori prestasi non akademik tingkat nasional dan internasional oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Kerjasama dan Alumni Dr Ida Rosyidah MA.

“Di tingkat nasional 16 orang dan di tingkat internasional 4 orang,” ujar Ida.

Disebutkannya, prestasi di tingkat nasional di antaranya juara satu Patient Counceling Event, juara 1 Lomba Penelitian Kesehatan Masyarakat, juara 1 lomba poster kesehatan, Hafizhoh 30 Juz, penulis buku, sastra, cerpen, penelitian, jurnal, artikel ilmiah, lomba pencak silat, dan beberapa prestasi lainnya.

Sementara di tingkat internasional yaitu juara tiga lomba pencak silat (Annisa Aireka, Kesmas), As delegated International Youth Leader Program Chapter Kuala Lumpur, Malaysia (Khofifah Rohmah, Kesmas), Traditonal Dancer International Pharmaceutical Week 2018 (Dewi Andriani Ilmu Keperawatan), dan Semifinalist of IPSF Apro Focus Projects 2020: CHANGES4SDGS (Nadhia Putri Karimah, Farmasi).

Berkesempatan menyampaikan motivasi Ayu Sajida Da’ad Arini lulusan Kesmas 2016 yang saat ini bekerja di bidang penyuluhan BKKBN Indonesia dan sedang melanjutkan studinya di Inggris.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fikes Dr apt Zilhadia Msi dalam sambutan pelepasannya mengapresiasi para lulusan dan prestasi yang telah diraihnya.

Zilhadia berpesan sebagai lulusan Fikes harus mampu mengemban tanggung jawab di masyarakat dalam bidang kesehatan.

“Optimalkan kompetensi yang kalian miliki, sebab nyawa individu bergantung pada tindakan kalina sebagai tenaga kesehatan,” ujar Zilhadia.

Sebagai sarjana kesehatan Muslim, lanjutnya, yang paling penting adalah menjaga marwah, sikap, dan kemuliaan diri yang akan menjadi nilai yang berharga di mata orang lain. (aulia fjt/mf)