Ciputat, BERITA FIKES OnlineFakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UIN Jakarta menggelar kegiatan Pelatihan Pembuatan Video Editing untuk mahasiswa pada Minggu (20/9/2020) di Auditorium MK Tajudin Gedung FIKES lt 2 dan media Zoom Meeting.

Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FIKES Rifqi Ridho menyampaikan harapannya agar pelatihan ini dapat memberikan banyak ilmu yang bermanfaat khususnya bagi mahasiswa yang aktif dan antusias dalam mengikutinya.

“Pelatihan ini sangat penting karena seorang tenaga kesehatan harus mampu memberikan edukasi sebagai seorang promotor kesehatan berupa video kepada masyarakat,” ujar Ridho.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama Dr Ida Rosyidah MA dalam sambutannya mengatakan ada banyak manfaat yang diperoleh dari pelatihan pembuatan video ini. Terlebih lagi, menurutnya, data menunjukkan 80% masyarakat di dunia lebih tertarik untuk melihat informasi melalui video dibandingkan dengan membaca.

Ditambahkannya, pada era digital seperti sekarang ini, banyak masyarakat yang sudah mulai mencari informasi melalui konten video.

“Pelatihan ini juga dapat dijadikan sebagai tempat mahasiswa untuk belajar dan dikenalkan dengan media digital yang ada,” ujar Ida.

Diinformasikannya, selama kondisi pandemi ini, mahasiswa dan dosen diharuskan melaksanakan perkuliahan dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menggunakan alat komunikasi dan media yang lebih maju.

Sehingga, lanjutnya, dalam proses pembelajaran maupun praktik profesi dapat dilaksanakan dan diimplementasikan menggunakan beragam metode teknologi yang bermanfaat, seperti video.

“Kami berharap melalui pelatihan pembuatan video ini dapat menjadi dasar untuk mengembangkan lebih jauh skill, sehingga terdapat mahasiswa yang bergerak untuk maju melalui media digital yang semakin berkembang,” tandasnya.

Kegiatan bertema “Producing Interactive Content Through Storytelling & Video Editing” ini menghadirkan tiga narasumber yang memiliki keahlian dalam bidang media digital.

Pertama, Javid Bennabi sebagai seorang Operations Manager Total Politik & Co-Founder improvemanagement.id., kedua Mumtaz Ahmad adalah Founder Muda Digital dan ketiga Fajar sebagai Head Editor Total Politik.

Ketiga narasumber tersebut menyampaikan materi dasar video editing dan memberikan kesempatan peserta untuk praktik langsung dalam pembuatan video editing.

David dalam paparannya menekankan bagaimana caranya agar informasi kesehatan dapat tersampaikan dengan baik. Dengan tampilan video yang menarik, menurutnya, informasi kesehatan akan menjadi lebih banyak dicari oleh masyarakat.

“Inilah yang nanti akan menjadi tugas kita bersama”, pungkas Javid.

Usai mendapatkan pembekalan teori video editing, peserta diajak untuk membuat video di seputar sarana FIKES, seperti peliputan perpustakaan, laboratorium, dan praktik penggunaan lift yang benar di era pandemi. (annisa/mf)