Berita Online Fikes- Seminggu menjelang perkuliahan, Fikes UIN Jakarta melakukan rapat koordinasi untuk mempersiapkan perkuliahan yang diadakan pada hari Selasa, (22/2/2022). Hadir pada rapat tersebut, Dekan, para wadek, kabag, kasubag, kaprodi/sekprodi, dosen tetap dan dosen tidak tetap. Pada layer zoom terpantau peserta yang hadir sebanyak 60 orang. Rapat dibuka dan diawali oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dr. apt. Zilhadia,M.Si dengan menyapa para dosen yang hadir dan langsung dilanjutkan dengan pemaparan visi misi Fakultas Ilmu Kesehatan yang bertujuan untuk mengingatkan seluruh dosen tentang harapan dan cita-cita Fikes di masa depan.

Dalam sambutannya, Dekan Fikes Zilhadia juga  menyampaikan harapan untuk selalu terus menerus menanamkan dan mengamalkan sikap professional, akuntabel, religious dan berintegrasi kepada para dosen selaku tenaga pendidik. Hal itu merupakan bagian dari visi kita yang akan kita bangun Bersama. Distingsi dan keunggulan Fikes yang tidak dimiliki perguruan tinggi lain adalah bagaimana kita mengajarkan integrasi ilmu Kesehatan dengan ilmu Islam.

“Visi misi kedepan dan bagaimana kita akan melangkah, perlu kami sosialisasikan karena ini visi kita bersama, mimpi kita bersama, dan kami meminta bapak ibu untuk lebih secara aktif, inovatif, dan bersinergi pada seluruh kegiatan di Fikes ini”, ungkap Zilhadia.

Selain mengingatkan tentang visi dan misi, Zilhadia juga menyampaikan tentang capaian-capaian pada kinerja tahun 2021 berupa naiknya jumlah publikasi, paten, penggunaan anggaran, realisasi serapan dan target-target untuk 2022. Wakil Dekan I Fikes, Irma Nurbaety, PhD menambahkan tentang kegiatan tahun 2022 yang akan diadakan yaitu kegiatan 2nd International Conference on Health Science yang diadakan pada bulan agustus. Irma Nurbaety mengharapkan dosen-dosen untuk berpartisipaso aktif pada kegiatan tersebut.  Acara rapat koordinasi kemudian dilanjutkan dengan koordinasi dosen di program studi masing-masing.

Kaprodi Kesmas Catur Rosidati, M.K.M. menyampaikan tentang rencana pembelajaran sesuai kalender akademik, serta pentingnya persiapan pembelajaran. Persiapan pembelajaran tersebut meliputi pembaharuan RPS yang akan digunakan dalam perkuliahan semester genap, media pembelajaran yang akan digunakan, manajemen pelaksanaan pembelajaran serta mekanisme monitoring dan evaluasi yang akan dilaksanakan oleh prodi selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu dalam mendukung akreditasi prodi, juga disampaikan rencana integrasi pengabdian kepada masyarakat dengan pengajaran.

Kaprodi juga menyampaikan bahwa pembelajaran yang baik harus direncanakan dengan cermat dan dituliskan dalam RPS (Rencana Pembelajaran Semester) dengan baik sehingga RPS bisa menjadi panduan mahasiswa dalam menjalani perkuliahan selama satu semester ke depan. Selain itu kaprodi juga mengingatkan tugas sebagai dosen adalah mengajar dan dan mendidik mahasiswa hingga dihasilkan lulusan Prodi Kesmas yang nantinya dapat berkontribusi untuk memperbaiki kondisi kesehatan masyarakat dan juga lulusan yang berintegritas serta memiliki akhlak yang mulia. Diharapkan para dosen selalu menanamkan nilai-nilai kejujuran, akhlak mulia dan integritas yang tinggi pada semua mahasiswa.

Sementara Yenita Agus, PhD sebagai Kaprodi Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) memimpin rapat dengan dosen-dosen di PSIK. Dalam kesempatan ini di bahas tentang rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan sistem online (teori) dan offline untuk praktikum dan praktik di Rumah Sakit. Kaprodi menyampaikan agar masing -masing dosen menyiapkan time line untuk praktikum dan disampaikan ke Prodi dan Tim Laboratorium agar bisa di buat penjadwalan sehingga tidak terjadi penumpukan di laboratorium. Kemudian juga dijelaskan terkait persyaratan bagi mahasiswa dan dosen yang akan mengikuti kegiatan pembelajaran secara offline sesuai dengan Surat Edaran Rektor yang sudah di terima sebelumya. Pada kesempatan ini juga disampaikan agar dosen juga bisa untuk mendukung dan berusaha mencapai Renstra yang sudah dipaparkan oleh Dekan terkait penerapan integrasi dalam pembelajaran akademik, melaksanakan penelitian dan publikasi hasil penelitian sesuai dengan roadmap yang sudah ada serta melakukan pengabdian masyarakat secara nyata dengan menerapkan Inter Profesional Education and Colloboration

Pada program studi Farmasi yang dipimpin oleh Dr.apt. Nurmeilis, M.Si sebagai kaprodi  menyampaikan tentang rencana perkuliahan semester genap 2021/2022 yang akan dilaksanakan secara pembauran. Perkuliahan daring akan dilakukan pada bulan Mei-April untuk kuliah teori dan perkuliahan luring pada bulan Mei-Juni untuk praktikum. Pelaksanaan kuliah teori yang dipadatkan selama 2 bulan mengakibatkan pelaksanaan perkuliahan 1 mata kuliah dapat dilakukan 2 kali dalam seminggu. Terkait pelaksanaan praktikum, Prodi meminta kepada dosen penanggung jawab praktikum dan tim untuk mempersiapkan kegiatan praktikum yang akan dipadatkan menjadi 8 kali pertemuan secara luring. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa kegiatan praktikum juga dapat dilaksanakan secara daring untuk materi tertentu. Dalam rangka mengantisipasi penumpukan mahasiswa selama pelaksanaan praktikukum, maka jadwal praktikum dirancang dengan mempertimbangkan praktikum dapat dilaksanakan menggunakan dua laboratorium. Selanjutnya terkait dengan pelaksanaan perkuliahan, tim dosen pengajar matakuliah diminta melakukan pembaharuan terharap RPS dan menunjukkan integrasi keilmuan dan keislaman dalam RPS tersebut.

Rapat koordinasi ini ditutup dengan doa penutup dan terlihat dosen-dosen bersemangat untuk mengikutinya. (zr)