Ciputat, Berita Fikes Online- Sebagai salah satu bentuk kegiatan intervensi Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) di Wilayah Kelurahan Rengas , Kec. Ciputat , Tangerang Selatan diselenggarakan Kegiatan berupa Sharing Session yang bertema “Pandemi dari Sudut Pandang Penderita COVID-19” pada Sabtu, (19/02/2022).

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara Program Studi Kesehatan Masyarakat FIKES dengan Puskesmas Rengas dan Kelurahan Rengas. Kegiatan diadakan secara daring melalui Zoom Meeting yang ditujukan untuk Masyarakat RW 09 Kelurahan Rengas dengan tujuan untuk membagikan pengalaman yang dialami penyintas Covid selama menjadi penderita Covid-19 dan menambah pengetahuan terkait gejala Covid-19.

Kegiatan Sharing Session secara daring ini merupakan adaptasi dari kondisi pandemi yang masih berlangsung. Selain itu, melihat fakta bahwa di Kelurahan Rengas sedang mengalami peningkatan kasus Covid-19. Konsep dari Sharing Session ini bukan hanya berbagi cerita dan pengalaman yang dialami oleh penyintas Covid-19, namun juga terselip materi penyuluhan yang harus disampaikan kepada masyarakat.

Proses kegiatan Sharing Session diawali dengan pembukaan oleh MC lalu dilanjutkan pembacaan Ayat Suci Alquran. Selanjutnya ialah sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Kepala Kelurahan Rengas yaitu Bapak Hendra dan Kepala Puskesmas Rengas yang diwakili oleh dr. Galang Prahanarendra. Berlanjut pada kegiatan inti yaitu Sharing Session yang diisi oleh dua narasumber yaitu Dewi Utami Iriani, M.Kes., Ph.D dari Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Jakarta dan Dwi Linda Septianasari dari warga masyarakar RW 09. Setelah para peserta mendengarkan sharing dari dua narasumber, berlanjut pada materi yang disampaikan oleh dr. Galang Prahanrendra yang selanjutnya langsung dilakukan sesi tanya jawab. Sebelum kegiatan ditutup, dilakukan sesi pengisian Google Form Evaluasi Kegiatan untuk mendapat feedback dari para peserta terkait kegiatan yang dilaksanakan. Kegiatan ditutup dengan doa, foto bersama, lalu penutup oleh MC.

Dewi Utami Iriani sebagai narasumber berpesan supaya masyarakat tidak meremehkan dengan varian Omicron karena penyebaranya yang sangat cepat dibandingkan dengan varian sebelumnya, tetap disiplin jaga protokol Kesehatan dengan 5M  “jangan lengah terhadap protokol kesehatan karena varian Omicron menyebar sangat cepat, selain itu juga selalu menyaring informasi yang diterima saat pandemi,” ujar Dewi Utami.

Sedangkan pengalaman Dwi Linda pada saat terkena Covid “dirinya semakin merasa dekat dengan keluarga dan Allah SWT selama positif Covid-19.” Pandangan optimis atau dari sisi positif tersebutlah yang dibagikan kepada masyarakat.

Kemudian pada sesi materi edukasi yang disampaikan oleh dr. Galang selaku tenaga kesehatan menyampaikan bahwa Covid-19 ini memiliki gejala yang kurang lebih mirip seperti flu dan sulit dibedakan. Oleh karena itu, untuk memiliki hasil yang lebih akurat diharuskan untuk melakukan swab terlebih dahulu.

Harapan kedepannya untuk masyarakat Kelurahan Rengas RW 09 yaitu masyarakat semakin mengetahui gejala Covid-19 dan tetap mematuhi protokol kesehatan dikarenakan kasus Covid-19 masih terus meningkat. Selain itu, diharapkan pula kepada Puskesmas Rengas selaku fasilitas kesehatan yang terdekat dari masyarakat RW 09 agar semakin memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat terkhusus di masa pandemi sekarang ini. (zr)