Berita FIKES Online.- Kunjungan Industri Farmasi angkatan 2015 sukses diselenggarakan di Malaysia, 12-15 Agustus lalu. Sebanyak 85 mahasiswa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kunjungan industri merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Farmasi semester 6 yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pengaplikasian farmasi dalam ruang lingkup industry sekaligus membuka wawasan baru mengenai metode pembelajaran ilmu kefarmasian.

Pada tahun ini, mahasiswa farmasi angkatan 2015 patut berbangga karena kunjungan industri kali ini dapat diselengarakan di Negara tetangga, Malaysia. Dalam rangkaian acara tersebut, mahasiswa farmasi mengunjungi 2 universitas yakni International Islamic University Malaysia (IIUM) Kuantan yang memiliki mini industri dan University Teknologi MARA (UiTM) Puncak Alam.

Pada kunjungan di IIUM Kuantan,  mahasiswa melakukan visit laboratorium dan mini industri milik IIUM (IKOP). IKOP (KOP Sdn. Bhd) merupakan mini industri bersertifikat GMP yang berkomitmen memberikan produk-produk bersertifikat halal sekaligus sebagai penyedia produk farmasi, dimana produknya ini akan di supply ke beberapa institusi untuk keperluan akademik.

Hal serupa juga dilakukan ketika mengunjungi University Teknologi MARA (UiTM) Puncak Alam, mahasiswa diperlihatkan laboratorium imaging center yang menyediakan instrument-instrument canggih dan terbaru untuk melakukan riset kefarmasian. Selain itu, mahasiswa juga diarahkan menuju Laboratory Animal Facility and Management (LAFAM) yang merupakan fasilitas untuk pembiakan hewan dan ditujukan untuk penelitian.

“Senang banget, bisa saling bertukar pengalaman dengan sistem pembelajaran dan akademik disana. Sambutan dari mereka juga sangat hangat dan cukup antusias sehingga acaranya tidak terasa membosankan.” Ujar Maryam

“Mahasiswa Farmasi UIN tentunya bangga bisa menyelenggarakan acara ini, kerja keras yang dilakukan oleh angkatan kami pun juga tidak sia-sia karena kami merasa sangat puas bisa berkunjung kesana, semoga dengan adanya kunjungan ini bisa membuat Farmasi UIN lebih berkembang kedepannya.” Ujar Rasyid selaku ketua pelaksana Kunjungan Industri Farmasi angkatan 2015. (mv)