Berita FIKES Online- Kinanthi Dwi Nurbaiti dan Adzdzikra Dzikrullah Adzkar, mahasiswa Program Studi Farmasi (PSF) 2015 berhasil lolos menjadi delegasi Indonesia di ajang the 17th Asia Pacific Pharmaceutical Symposium (APPS) 2018 yang diadakan oleh International Pharmaceutical Students’ Federation – Asia Pacific Regional Office (IPSF APRO) di Jepang. Pada acara yang diadakan pada tanggal 18-24 Agustus 2018 ini, Kinan dan Zikra berpartisipasi dalam lomba, symposium, workshop, serta pertukaran budaya dan pikiran bersama delegasi dari berbagai negara di wilayah Asia Pasifik.

APPS merupakan acara tahunan bagi mahasiswa-mahasiswa farmasi di wilayah Asia Pasifik sebagai ajang berbagi ilmu dan bertukar pikiran dengan delegasi dari berbagai negara mengenai isu-isu dan pendidikan kefarmasian. Acara yang diadakan oleh IPSF APRO ini menekankan pada pendidikan dan pengembangan potensi diri yang didapatkan melalui berbagai symposium dan workshop sesuai dengan peminatan masing-masing.

Dalam acara ini juga dilaksanakan Regional Assembly yaitu rapat penyampaian laporan pertanggungjawaban Regional Working Group IPSF APRO selama satu periode. Acara APPS ini juga menjadi ajang pertukaran budaya antar negara melalui penampilan-penampilan menarik yang dipertunjukkan oleh delegasi masing-masing negara.

Kinan dan Zikra terpilih menjadi delegasi APPS di Jepang setelah melalui seleksi yang melibatkan seluruh mahasiswa farmasi se-Indonesia yang tergabung dalam ISMAFARSI (Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia). Tahun 2018 ini merupakan tahun ke-tiga mahasiswa farmasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bisa lolos untuk mengikuti APPS ini. “Sebelumnya tahun 2016 lolos satu delegasi, 2017 empat delegasi, dan tahun ini alhamdulillah bisa lolos lagi dua orang delegasi. Walaupun sebenarnya sedih juga karena belum bisa bawa pulang apa-apa (hadiah juara), tetapi semoga ini bisa menjadi motivasi untuk adik-adik farmasi selanjutnya agar bisa berprestasi dan membawa nama baik farmasi UIN Jakarta di ranah nasional maupun internasional,” ujar Zikra.

“Alhamdulillah APPS 2018 Jepang ini membuka wawasan saya mengenai dunia kefarmasian di negara lain serta memberikan banyak ilmu dan pengalaman baru melalui symposium dan workshop yang ada. Selain itu, acara ini juga memperluas jejaring saya dengan mahasiswa farmasi lain se-Asia Tenggara”. Ujar Kinan.

(mv)