Berita FIKES Online- Sejak merebaknya pandemik Corona virus diseases 19 (COVID-19), pembelajaran dilakukan secara daring (online). Namun sebagian mahasiswa merasa terpanggil untuk menjadi relawan covid-19. Mahasiswa Kesehatan Masyarakat peminatan Epidemiologi Fakultas Ilmu Kesehatan bernama Thoriq Fajar Batuah terpanggil ikut membantu dalam kegiatan penyemprotan desinfektan pada hari Selasa 31 Maret 2020 dan Jum’at 3 April 2020 sebagai sukarelawan PMI Kota Tangerang Selatan

Thoriq melakukan penyemprotan di beberapa sekolah, perkantoran, dan Masjid seperti SDN Sawah 4, Perkantoran Alfamart Parung dan Masjid Al Mujahirin Pamulang. Selain itu ia dan beberapa mahasiswa kesehatan masyarakat lainnya pun melakukan kegiatan pembagian handsanitazer pada masyarakat di wilayah Pasar Senen dan Lebak Bulus pada hari Kamis, 26 Maret 2020.

Berawal dari keprihatinan melihat masyarakat di sekitar yang kurang pengetahuan dalam menangani pandemi Covid-19 akhirnya tim relawan melakukan edukasi kepada masyarakat dan membagikan hand sanitizer.

Saat dihubungi Thoriq mengatakan, “yang melatar belakangi saya menjadi sukarelawan dalam kegiatan pencegahan Covid-19 agar dapat sedikit membantu meringankan tenaga kesehatan dalam mengurangi atau melawan pandemi Covid-19, selain itu saya juga merasa sedih atas kekhawatiran masyarakat terhadap Pandemi ini, dengan adanya kegiatan ini semoga dapat sedikit mengurangi ke khawatiran masyarakat dan membantu mengedukasi masyarakat agar tetap waspada dan melakukan pencegahan secara individu” terangnya, Sabtu (11/4/2020)

Kegiatan pembagian hand sainitazer juga dilakukan di beberapa tempat karena merasa bahwa ada banyak masyarakat yang memiliki keterbatasan ekonomi dan terpaksa keluar untuk mencari nafkah, berharap dengan pembagian handsainitazer dapat meringankan sedikit beban mereka dalam melakukan pecegahan, karena harga hand sainitazer yang semakin tinggi dan susah dicari mereka juga memiliki keterbatasan ekonomi untuk membelinya.

Perlu diketahui bahwa Thoriq adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat yang bergabung dengan PMI Tangerang selatan dari bulan Agustus 2018 dan menjadi anggota aktif sampai sekarang. (ZR)