BERITA FIKES Online— Glenzi Fizulmi, Mapres 1 (Mahasiswa Berprestasi) FIKES dengan Program Studi Kesehatan Masyarakat angkatan 2015 terpilih menjadi salah satu delegasi dari Jakarta yang mewakili Indonesia untuk mengikuti kegiatan pengabdian pemuda di Pusat Pendidikan Warga Negara Indonesia (PPWNI), Malaysia. Kegiatan pengabdian pemuda ini diadakan oleh ChangeMaker Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan dan memberdayakan pemuda Indonesia.

Program pengabdian pemuda ini memfasilitasi setiap delegasi dari berbagai provinsi untuk menjadi ‘Agent Of Change’ kepada anak-anak TKI di Pusat Pendidikan Warga Negara Indonesia dan masyarakat yang mayoritas TKI di sekitar Klang, Malaysia. Kegiatan yang dilakukan yaitu Cikgu Mengajar, membuat Pojok Baca untuk meningkatkan minat baca siswa di PPWNI, Lost In Indonesia (permainan edukasi budaya Indonesia untuk melestarikan tradisi Indonesia), Mission Impossible (dibagi menjadi divisi kesehatan, wirausaha, dan pendidikan, melakukan pengabdian sesuai divisinya) dan dilanjutkan dengan Division Adventure dimana setiap divisi melaksanakan analisis situasi untuk memudahkan langkah dalam intervensi dari masalah yang ditemui.

Di bulan Maret pada tanggal 9-14 tahun 2019, Glenzi merupakan satu-satunya mahasiswa kesehatan masyarakat yang mewakili UIN Jakarta melakukan pengabdian pemuda di PPWNI, Klang Malaysia. Glenzi berhasil menjadi delegasi yang terpilih setelah melewati seleksi yang melibatkan mahasiswa se-Indonesia dari berbagai Universitas/Instansi Pendidikan dan lolos serta diterima dan mendapatkan Divisi Kesehatan.

“Saya berkesempatan menjadi divisi kesehatan dan melaksanakan program Mission Impossible (analisis situasi) dan didapatkan 3 masalah kesehatan terbesar yaitu Perilaku KB, Demam Berdarah, dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat). Kemudian dilanjutkan dengan program Division Adventure (kegiatan intervensi) yaitu melaksanakan cek kesehatan, memberikan sosialisasi/penyuluhan tentang KB serta perilaku hidup bersih dan sehat dan pembagian vitamin/pengetahuan tentang obat, Alhamdulillah masyarakat disana sangat antusias, ramah, dan semangat saat berkonsultasi tentang kesehatannya, semoga dapat terus menjaga kesehatannya dan hidup lebih bersih, Protect, Prevent, and Promote” ujar Glenzi.

Jiwa nasionalisme yang tinggi patut dibentuk sejak dini, Glenzi bersama tim delegasinya berkesempatan mengenalkan budaya tradisional Indonesia kepada anak-anak SD dan SMP di PPWNI, Malaysia dan tim dibagi berbagai Pulau. Dengan membawakan tarian adat ‘Lenggang Nyai’ dari DKI Jakarta sebagai program Persembahan Anak Indonesia, Glenzi berharap anak-anak dapat mengenal dan melestarikan budaya Indonesia baik di Kancah Nasional dan Internasional. Di hari terakhir glenzi dan tim delegasi tak kuasa menahan air mata saat hendak pulang ke tanah air, adik-adik dan masyarakat sangat berharap kami dapat melakukan pengabdian kembali, tidak terasa ikatan emosianal antara tim delegasi dengan masyarakat begitu kuat.

“Kegiatan pengabdian ini mengajarkan kepada kami semua delegasi untuk selalu bersyukur, semangat selalu dalam menebar kebaikan, dan menjadi pemuda yang bermanfaat, Rasulullah SAW bersabda sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia. Motto hidup saya ‘Good Environment with Productive Teenagers will Bright Our Future’, lingkungan yang baik diiringi dengan pemuda yang produktif akan mencerahkan masa depan kita. Semoga saya dapat menjadi pemuda yang menebarkan aksi positif untuk kemajuan bumi pertiwi,” ujar Glenzi.

Changemaker Indonesia sebuah organisasi yang fokus membangun kualitas pemuda baik secara softskill maupun hardskill, meningkatkan kepekaan sosial pemuda terhadap isu sosial dan menjadikannya sebagai agen perubahan yang dapat berkontribusi aktif dalam membangun bangsa dan negara serta menjadi agen peningkatan eksistensi prestasi pemuda-pemudi baik dalam skala nasional maupun internasional. (ZR)