Berita FIKES Online- Sejak merebaknya pandemik Corona virus diseases 19 (COVID 19), sesuai himbauan pemerintah, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menarik mahasiswa Profesi baik Profesi Ners dan Profesi Apoteker untuk mengantisipasi resiko penyebaran virus Covid 19. Selanjutnya pembelajaran dilakukan secara daring (online). Namun sebagian mahasiswa merasa terpanggil untuk menjadi Relawan Covid 19. Sebanyak tiga orang mahasiswa Profesi Ners yaitu Luthfy Anshari, Ibnu Syarifudin Hidayat dan John Faizal Noer menjadi relawan didaerah asalnya Blitar Jawa Timur. Berada dibawah relawan Dinas Kesehatan Blitar Jawa Timur, relawan akan bertugas  selama satu bulan. Saat dihubungi pihak kampus mahasiswa mengatakan bahwa kegiatan mereka  bersama tim Puskesmas Dinas Kesehatan  mendata ODP di wilayah kecamatan kota Blitar per 1 kecamatan, melakukan tindak lanjut kesehatan dan edukasi untuk isolasi mandiri selama 14 hari menggunakan fasilitas WA/sms atau visit bersama tim puskesmas, Jum’at (10/4/2020).

Secara langsung, mereka ikut aktif membantu Dinas Kesehatan dalam memenuhi kebutuhan pokok Orang dalam Pengawasan (ODP) agar ia bisa tetap isolasi mandiri di rumah. Mahasiswa merasa terpanggil terjun sebagai relawan karena nilai-nilai  kemanusiaan yang sudah diasah dan diajarkan selama perkuliahan.

Selain tiga mahasiswa tersebut, ada 18 mahasiswa Profesi Ners yang menjadi relawan Covid 19 baik di Tangerang Selatan maupun DKI Jakarta sebagai episentrum Covid 19 di Indonesia.

Dekan FIKES Dr. Zilhadia, MSi, Apt. saat dihubungi mengapresiasi mahasiswa yang menjadi relawan. Mahasiswa telah berkontribusi dalam persoalan kesehatan yang sedang dihadapi Indonesia dan dunia. Dekan berpesan, “mahasiswa tetap menjaga kesehatan dan mematuhi SOP Penanganan Covid 19 yang telah dikeluarkan Kemenkes. Selain itu para Relawan mahasiswa akan diberi apresiasi berupa ekuivalensi SKS mata kuliah. Ekuivalensi SKS mata kuliah dapat diberikan karena praktek di lapangan yang dilakukan selama menjadi relawan sangat relevan dengan beberapa beban mata kuliah mereka” Jum’at (10/4/2020).

Berikut nama-nama relawan Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

No Nama Relawan Lembaga Penempatan
1. Luthfy Anshari Dinas Kesehatan Blitar Blitar
2. Ibnu Syarifuddin Hidayat Dinas Kesehatan Blitar Blitar
3. John Faizar Noer Dinas Kesehatan Blitar Blitar
4. Eka Widyawati Puskesmas Paseleman Cirebon
5. Sellie Damayanti CISDI Kabupaten Bekasi
6. Sri Nuraeni PPNI Tangerang Selatan Tangerang Selatan
7. Visia Talimurti PPNI Tangerang Selatan Tangerang Selatan
8. Rahma Zaidah PPNI Tangerang Selatan Tangerang Selatan
9. Rendy Himawan PPNI Tangerang Selatan Tangerang Selatan
10. Ovi Wijayanti PPNI Tangerang Selatan Tangerang Selatan
11. Fazhiyah Febriyanti PPNI Tangerang Selatan Tangerang Selatan
12. Putri Dewi Indahsari PPNI Tangerang Selatan Tangerang Selatan
13. Miftahul Jannah PPNI Tangerang Selatan Tangerang Selatan
14. Devi Ayu Lestari PPNI Tangerang Selatan Tangerang Selatan
15. Nadira PPNI Tangerang Selatan Tangerang Selatan
16. Vigur Guevara PPNI Tangerang Selatan Tangerang Selatan
17. Aprilia Wulandari PPNI Tangerang Selatan Tangerang Selatan
18. Aulia Noor Azizah PPNI Tangerang Selatan Tangerang Selatan
19. Cynthia Alya Tantiani PPNI Tangerang Selatan Tangerang Selatan
20. Ani Selfi Yulianti PPNI Tangerang Selatan Tangerang Selatan
21. Mega Afriyani PPNI Tangerang Selatan Tangerang Selatan

Keluarga besar FIKES berharap sedikit kontribusi ini dapat membantu beban tenaga kesehatan yang sedang berat dan semoga kita dapat melewati masa sulit ini secara gotong royong. Kita bersatu melawan corona. (ZR)