Berita Fikes Online – Pada tanggal 27-28 Juni 2022 peminatan kesehatan lingkungan Program Studi Kesehatan Masyarakat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah menggelar Seminar Hasil Uji Kualitas Lingkungan yang dilaksanakan melalui zoom meeting dan dihadiri kurang lebih 60 orang peserta. Seminar hasil uji kualitas lingkungan merupakan salah satu publikasi kegiatan analisis kualitas lingkungan yang dilakukan oleh 22 orang mahasiswa peminatan kesehatan lingkungan angkatan 2019 dengan melakukan 4 uji kualitas lingkungan yaitu uji kualitas air danau Situ Gintung, penjernihan air dengan metode Jar Test, uji kualitas udara di Gedung Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan uji kualitas makanan dan minuman di sekitar kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hasil uji pemeriksaan kualitas fisika dan kimia air Situ Gintung menunjukkan bahwa air masih memenuhi baku mutu kualitas air bersih (PP No 82 Tahun 2001 golongan II). Selanjutnya hasil penjernihan air Situ Gintung menggunakan Poly Aluminium Chloride (PAC) menunjukkan bahwa dengan 1 tetes atau yang setara dengan 0,1 ml PAC 10 % (b/v) sudah dapat menghilangkan kekeruhan air (0 NTU).  Namun demikian pemeriksaan air Situ Gintung perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk parameter  seperti BOD, nitrat, ammonia, fosfat dan logam.

Pengukuran kualitas udara di 4 titik Gedung FIKES UIN Jakarta menunjukkan tingkat kebisingan  yang melebihi Nilai Ambang Batas (NAB) tingkat kebisingan di area kampus, tingkat kelembaban dan suhu udara yang juga tidak memenuhi persyaratan yang ada. Namun demikian pengukuran dilakukan hanya pada luar ruangan kelas saja, sehingga selanjutnya perlu dilakukan pengukuran kualitas udara di dalam kelas.

Untuk pengukuran kualitas makanan di sekitar kampus UIN Jakarta menunjukkan hasil yang positif Rhodamine B pada beberapa sampel minuman berwarna dan positif formalin dan boraks pada beberapa makanan (bakso,siomay dan mie kuning). Makanan dan minuman tersebut diketahui sering dikonsumsi oleh mahasiswa UIN Jakarta.

Hasil uji kualitas lingkungan yang telah dilakukan menjadi sebuah langkah awal bagi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, khususnya Program Studi Kesehatan Masyarakat untuk melakukan plan action yang bertujuan meningkatkan kualitas lingkungan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui kerjasama dengan instansi terkait atau fasilitas pelayanan kesehatan.  Harapannya uji kualitas lingkungan dilakukan secara berkala agar kualitas lingkungan khususnya di daerah Ciputat dapat dipantau dengan baik. (DUI/CI/zr)