Berita Fikes Online- Penyebaran kalender Edukasi Aktivitas Fisik merupakan salah satu rangkaian program intervensi kesehatan di RW 08 Kelurahan Cipayung, Kec. Ciputat, Tangerang Selatan yang terintegrasi dengan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) oleh mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Kelompok 1 dengan dosen pembimbing Fajar Ariyanti Ph D, Selasa (22/2/2022)

Kegiatan ini bekerjasama dengan pihak Kelurahan Cipayung, RW 08 beserta RT, dan kader kesehatan di RW 08. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya Aktivitas Fisik 30 menit setiap harinya lewat media promosi kesehatan berupa kalender.

Media cetak kalender dipilih karena masyarakat akan selalu melihat informasi mengenai aktivitas fisik yang disampaikan saat melihat tanggal dan bulan pada kalender tersebut.

Adapun hal yang melatarbelakangi penyebaran kalender aktivitas fisik dilihat dari akar masalah yang diintervensi pada RW 08 Kelurahan Cipayung seperti kurangnya media informasi terkait aktivitas fisik berdasarkan hasil wawancara dengan stakeholder setempat.

Selain itu, melihat fakta bahwa berlangsungnya pandemi Covid-19 masyarakat cenderung melakukan kegiatan pasif di rumah yang akan menimbulkan sedentary lifestyle. Dilihat juga masih belum adanya kesadaran masyarakat RW 08 terhadap pentingnya aktivitas fisik di masa pandemi persentase responden yang melakukan olahraga terkadang sebesar 39,1% daripada responden yang menjawab selalu sebesar 29,1%.

Kegiatan penyebaran Kalender Edukasi Aktivitas Fisik ini dilakukan secara door to door didampingi oleh kader kesehatan atau RT setempat. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan penyebaran kalender saja namun dilakukan juga pengisian Form Evaluasi Kalender kepada masyarakat untuk mendapatkan pandangan masyarakat mengenai pesan Aktivitas Fisik yang disampaikan melalui kalender tersebut.

Leni salah satu warga RW 08 dari RT 01 memberikan pandangannya mengenai Kalender Edukasi Aktivitas Fisik, “Desain kalender sangat menarik dengan kalender tersebut saya lebih mudah menerima pesan aktivitas fisik selama 30 menit yang akan dilakukan di rumah.” Begitulah respon yang diberikan terhadap evaluasi kalender. Semoga dengan adanya kalender sebagai bentuk media promosi kesehatan aktivitas fisik dapat bermanfaat dan menambah kesadaran bagi warga RW 08 untuk beraktivitas fisik di rumah. (da/zr)