Ciputat, BERITA FIKES Online–Salah satu dharma perguruan tinggi adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat, sehingga diharapkan masyarakat mendapatkan manfaat dari aktivitas tersebut. Pada tanggal 31 Oktober 2020, telah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat oleh segenap dosen dan mahasiswa Program Studi Farmasi dan Program Studi profesi Apoteker, Fakultas Ilmu Kesehatan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan pertama dilaksanakan pada pagi hari bersama warga RW 14 Perumahan Grand Residence, Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan. Kegiatan kedua dilaksanakan pada siang hari bersama warga RW 20, Benda Baru, Pamulang, Tangerang Selatan. Tema kegiatan kali ini adalah “Pengenalan dan Penyerahan Bibit Tanaman Obat Tematik Berbasis Alquran, Hadits, dan Tanaman Lokal Kepada Masyarakat”.

Pada kedua kegiatan tersebut telah diserahkan bibit tanaman obat dan tanaman lokal lebih dari empat puluh lima jenis tanaman obat. Tanaman obat yang telah diserahkan diantaranya adalah tin, zaitun, siwak, gaharu, sereh wangi, akar wangi, sambiloto, kumis kucing, alpukat, nangka, bidara, cempedak, cengkeh, delima, anggur, jahe merah, kelor, dan masih banyak lagi tanaman obat yang diserahkan.

Kegiatan yang dilaksanakan dihadiri oleh ketua RW 14, dan beberapa ketua RT Perumahan Grand Residence dan warga yang antusias untuk mengetahui manfaat dari tanaman tersebut. Acara dimulai dari sambutan oleh ketua program studi farmasi, ketua panitia, dan ketua RW 14. Manfaat beberapa tanaman obat tersebut dijelaskan oleh bapak apt. Barita Juliano, MM. dan bapak apt. Hendri Aldrat, PhD. Beberapa warga sangat antusias bertanya terkait bagaimana cara penggunaan bagian tanaman tersebut untuk obat. Bapak R.Agus Suhendar selaku ketua RW 14 Perumahan Grand Residence mengucapkan terimakasih dan berharap kerjasama tersebut dapat berlanjut sehingga meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang tanaman obat. Acara kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan tanaman obat dan penanaman tanaman obat secara simbolis.

Ketua Program Studi Farmasi Dr Nurmeilis MSi Apt dalam sambutannya mengatakan kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh warga sekaligus mengenalkan tanaman-tanaman yang dapat dijadikan obat-obatan herbal.

“Masyarakat lebih paham fungsi dari beberapa jenis tanaman yang dapat dijadikan obat-obatan herbal dan dapat dibudidayakan, termasuk yang sudah disebutkan dalam Alquran,” ujar Nurmeilis.

Sementara, Sekretaris Prodi Profesi Apoteker Hendri Aldrat PhD berkesempatan menjelaskan beberapa manfaat tanaman obat tersebut. Hendri berharap kegiatan ini dapat berlanjut agar pengetahuan masyarakat tentang tanaman obat meningkat.

Kegiatan pengabdian masyarakat kedua dilaksanakan pada hari yang sama, yaitu hari Sabtu, tanggal 31 Oktober 2020 di siang hari. Kegiatan ini dihadiri oleh ketua RW 20, beberapa ketua RT, dan perwakilan warga Perumahan Villa Dago, Benda Baru, Pamulang, Tangerang Selatan. Acara kedua tidak kalah meriah, karena warga mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh program studi profesi Apoteker UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. H. Juni Sukasmono SE selaku ketua RW 20 perumahan Villa Dago, Benda Baru, Pamulang, Tangerang Selatan berharap kegiatan ini terus berlanjut dan menjadi model percontohan pengelolaan tanaman obat di Kota Tangerang Selatan. (mv/zr)