Berita Fikes online.- Program Studi Farmasi, Profesi Apoteker dan Program Studi Kesehatan Masyarakat FIKES UIN Syarif Hidayatullah Jakarta akan melaksanakan re-akreditasi tahun 2023. Untuk menyiapkan Dokumen Kelengkapan Program Studi kriteria 2 – 5 dilaksanakan rapat koordinasi tim akreditasi FIKES. Rapat dilaksanakan pada hari Selasa, 19 April 2022 bertepatan dengan 17 Ramadhan 1443 H secara luring bertempat di Ruang Rapat Utama FIKES UIN Jakarta. Rapat koordinasi dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Kaprodi dan Sekprodi Kesmas, Farmasi, Apoteker dan Ilmu Keperawatan, Ketua Laboratorium FIKES, Kabag, para Kasubag dan Tenaga Kependidikan. Hadir pula Gugus Jaminan Mutu FIKES UIN Jakarta dan Tim Akreditasi unsur Dosen. Rapat dipimpin oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik. Tujuan rapat koordinasi adalah penyamaan persepsi data-data dalam dokumen kelengkapan UPPS dan Program Studi.

Dalam sambutannya dekan FIKES menyatakan bahwa prodi Farmasi dan Kesehatan Masyarakat telah melakukan 3 kali akreditasi yaitu tahun 2008, 2013 dan 2018 dengan predikat Baik (B), dan Apoteker telah melaksanakan satu kali akreditasi tahun 2018 dengan predikat alhamdulillah B (Baik). Kedepan untuk re-akreditasi yang akan datang kita mengharapkan ada peningkatan peringkat akreditasi untuk prodi yang masih B ke peringkat unggul. Buku Akreditasi 9 kriteria merupakan hal yang berbeda dengan akreditasi sebelumnya, sehingga kita perlu mencermati item-item yang ada dan mengikhtiarkan selengkap mungkin menuangkan data-data sesuai buku 3A dan LED di Buku 3B yang sudah dipelajari tim sebelumnya.

Rapat koordinasi dilanjutkan dengan pemaparan DKPS kriteria 2 yang akan dilengkapi oleh bukti implementasi MOU dan PKS serta hasil evaluasi.  Kriteria 3 pada table profil mahasiswa (student body) disepakati bahwa data yang diambil adalah data mahasiswa semester ganjil 2021/2022, dan masing-masing prodi membuat data manual kondisi riil mahasiswa tiap Angkatan mulai Angkatan 2015 sampai 2021. Data keuangan akan dirinci dan dihitung semua pemasukan termasuk dana beasiswa dosen, dana penelitian dan hasil Kerjasama dalam dan luar negeri untuk dimasukan dalam tabel. Data sarana prasarana perpustakaan FIKES sudah ada, untuk tambahan data akan dilengkapi dengan buku-buku dan jurnal yang dapat relevan dengan prodi dan biasa diakses oleh mahasiswa baik berasal dari perpustakaan pusat atau perpustakaan FK, sedangkan laboratorium yang dimasukkan adalah seluruh laboratorium yang ada di lingkungan UIN Jakarta yang digunakan oleh prodi untuk proses Pendidikan dan pengajaran serta penelitian.

Rapat ditutup dengan tindak lanjut yaitu melengkapi data-data yang diperlukan dan dikumpulkan pada Senin, 25 April 2022. Rapat koordinasi akreditasi akan dilaksanakan kembali pada hari Selasa, 26 April 2022. Tim berupaya menyelesaikan DKPS kriteria 1-9 sampai dengan Mei 2022 dan dilanjutkan dengan pembuatan LED pada bulan Juni 2022. (ir)