Berita Fikes Online- Program Studi Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta sukses menggelar workshop bertajuk ‘Penyusunan dan Review Borang Akreditasi Prodi Farmasi-Apoteker’. Workshop itu menghadirkan narasumber Prof. Dr. apt. Dachriyanus yang merupakan Guru Besar Fakultas Farmasi, Universitas Andalas, Padang dan juga asesor LAMPTKes (Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan)

Workshop ini digelar selama 2 hari tepatnya pada Kamis dan Jumat, 28 dan 29 Juli 2022 di Swiss-Belinn Simatupang, Jakarta Selatan. Acara ini dibuka oleh Kaprodi Farmasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dr.apt. Nurmeilis, M.Si , yang menyampaikan bahwa akreditasi B yang diraih prodi farmasi dan prodi apoteker akan habis masa berlakunya maka kegiatan ini diadakan dengan Tujuan untuk optimalisasi proses penyusunan dokumen akreditasi agar dapat meraih hasil maksimal (akreditasi unggul) dari LAMPTKes.

Ada 2 materi kegiatan yang digelar yaitu workshop penyusunan DKPS (Dokumen Kinerja Program Studi) dan LED (Lembar Evaluasi Diri) serta review DKPS yang sudah dibuat oleh tim akreditasi prodi farmasi. Setiap pemaparan dilanjut dengan diskusi dan tanya jawab. Kegiatan ini diikuti sejumlah peserta mulai dari dosen farmasi dan apoteker, laboran dan tenaga kependidikan. Hadir pula Gugus Jaminan Mutu Fakuktas Ilmu Kesehatan, Dr. Febrianti, M.Kes

Sejumlah pembahasan dilakukan dalam workshop itu mulai dari cara penyampaian data yang baik, bersumber dari PDDIKTI, review borang per kriteria serta cara menarasikan DKPS ke LED. Para peserta sangat antusias dan aktif melemparkan sejumlah pertanyaan. Seperti salah satunya dari Bu Febrianti yang menanyakan tentang penilaian dosen berdasarkan jabatan fungsional, dari Bu Mita yang menanyakan tentang publikasi dan roadmap penelitian. Arahan dan masukan dari prof dachriyanus sangat bermanfaat sekali dan perlu segera direalisasikan.
Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat dan plakat kepada narasumber, foto dan ramah tamah. (zr)