BERITA FIKES Online—Posbindu ini adalah singkatan dari Pos Pembinaan Terpadu untuk Penyakit Tidak Menular (PTM). Strategi dari Kemenkes ini adalah salah satu upaya kesehatan berbasis masyarakat yang sekaligus promotif, apalagi dalam menanggulangi penyakit tidak menular. Di antara yang lain, penyakit tidak menular yang semakin menghawatirkan ini adalah diabetes, hipertensi, obesitas bahkan penyakit jantung. Banyak sekali faktor risiko terkena PTM meliputi merokok, pola makan tidak sehat, kurang olahraga dan bahkan kekurangan gizi selama 1000 hari pertama yang sangat penting. Oleh karena itu, sasaran posbindu sudah beda dari sasaran posyandu yang lebih mencakup bayi, balita, ibu hamil, ibu menyusui, ibu nifas dan wanita usia subur. Sedangkan untuk posbindu, sasaran masyarakat jatuh ke kelompok masyarkat usia 15 tahun ke atas.

Kejadian diabetes mellitus, serangan jantung, stroke, kanker dan penyakit tidak menular yang lain semakin banyak terjadi di sekitar kita.Sebenarnya kejadian tersebut tidaklah tiba-tiba muncul, tetapi dapat dideteksi dan dicegah secara dini.

Prodi Kesehatan Masyarakat mengadakan pemeriksaan gratis yang bertajuk “posbindu dari kita untuk kita oleh kita di FIKES UIN Jakarta” yang diadakan di Laboratorium Kesmas Lt.5 Fakultas Ilmu Kesehatan dimulai dari jam 08.00 sampai jam 11.00. Rabu (20/2/2019)

Pemeriksaan tersebut meliputi pemriksaan darah, antropomteri, pengukuran tekanan darah, kegiatan sadarai, wawancara resiko penyakit, dan konseling kesehatan. Pemeriksaan tersebut langsung ditangani oleh para ahli dari dosen kesehatan masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan.

Ketua acara pospindu Febrianti, S.P, M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan perdana yang akan dilakukan setiap bulan  “Kegiatan posbindu direncanakan dilaksanakan tiap bulan. Bagi yang berminat mengikuti pemeriksaan dapat mendaftar ke no 085216669687 (Dela)” terang Febri.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat kepada pegawai UIN Jakarta. (ZR)