Berita Fikes Online – Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri (FIKES UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang terintegrasi dengan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Mahasiswa Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat Kelompok 9 yang ditempatkan di Kelurahan Pondok Ranji, Tangerang Selatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam bentuk pelatihan kepada para kader kesehatan yang ada di Kelurahan Pondok Ranji, serta dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada hari Minggu (20/02/2022).

Topik pelatihan kader kesehatan dalam acara tersebut adalah terkait peranan kader kesehatan dalam upaya peningkatan aktivitas fisik di Kelurahan Pondok Ranji yang disampaikan oleh Dela Aristi, S.K.M., M.K.M. selaku pemateri sekaligus Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pelatihan diawali dengan pemaparan materi terkait masalah kesehatan yang khususnya terkait dengan aktivitas fisik, GERMAS, penjelasan mengenai jenis dan manfaat aktivitas fisik, dan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai peranan kader kesehatan, tujuan pembentukan kader kesehatan, dan diakhiri dengan pembuatan matriks perencanaan kegiatan untuk meningkatkan aktivitas fisik. Setelah itu, dilaksanakan sesi tanya jawab dan ice breaking yang dilakukan oleh para kader kesehatan dan panitia.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sesi praktik untuk melatih para kader kesehatan dalam membuat matriks perencanaan kegiatan. Kemudian hasil perencanaan yang telah dibuat dipresentasikan oleh perwakilan kader kesehatan yang terpilih. Diharapkan dengan adanya sesi praktik ini dapat menjadi bekal untuk kader kesehatan dalam membuat kegiatan yang lebih inovatif dan kreatif dalam rangka meningkatkan aktivitas fisik. (zr)