Berita Fikes Online- Penutupan matrikulasi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kerjasama Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan Kementerian Agama RI diselenggarakan pada hari Selasa, 19 Agustus 2022 di Auditorium M.K Tadjudin Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UIN Syarif HIdayatullah Jakarta. Acara berlangsung pukul 08.00 sampai 12.00 WIB.  Agenda penutupan dihadiri oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Direktur PD Pontren Kementerian Agama yang diwakili oleh Ibu Firdah Thawil, Dekan, Wakil Dekan 1, 2, dan 3, Para Kaprodi dan Sekprodi di lingkungan FIKES UIN Jakarta, Para Dosen,  Tenaga Kependidikan, perwakilan DEMA, Himpunan Mahasiswa dan mahasantri PBSB 2022 FIKES UIN Jakarta.

Kegiatan diawali dengan laporan ketua Panitia. Dr. Ita Yuanita, S.Kp., M.Kes, dalam paparannya menyampaikan bahwa kegiatan matrikulasi PBSB berjalan dengan sangat lancar dan efektif. Jumlah mahasantri yang mengikuti kegiatan berjumlah 24 orang, terdiri dari masing-masing delapan mahasantri prodi Farmasi, Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Keperawatan. Kemajuan pemahaman mahasantri terhadap bidang-bidang sains dapat dikatakan cukup signifikan, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata matrikulasi  mahasantri  pada bidang sains yaitu Biologi, kimia, fisika dan matematika dari 31,5 (pre-test) menjadi 71,9 (post-test). Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FIKES UIN  Jakarta, Dr. apt. Zilhadia, MSi, Direktur PD Pontren, Ibu Firdah Thawil, M.Pd., dan  Rektor UIN Jakarta. Prof. Dr. Amany Lubis, MA.

Dekan dalam paparannya menyampaikan harapan bahwa program matrikulasi dapat memberikan kesiapan yang lebih optimal bagi mahasiswa PSBB dalam mengikuti perkuliahan dan kedepannya mahasantri dapat berperan sebagai duta integrasi ilmu kesehatan dan ilmu keislaman.

Ibu Firdah Thawil  selaku perwakilan dari Kementrian Agama menyampaikan bahwa santri adalah salah satu pilar dalam kemajuan bangsa dan beliau sangat berterima kasih atas program matrikulasi yang telah diselenggarakan untuk mahasantri PSBB tahun 2022. Selanjutnya Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta juga menyampaikan apresiasi dengan adanya Kerjasama dengan kementerian agama melalui program santri berprestasi yang telah berlangsung sejak awal berdirinya FKIK dan FIKES. Amany, demikian biasanya bu Rektor disapa, berharap program yang bekerjasama dengan Kementrian Agama ini dapat terus berlanjut di masa-masa yang akan datang. Acara matrikulasi kemudian ditutup oleh Rektor.

Dalam penutupan kegiatan, mahasantri PBSB menampilkan kreasi budaya dan seni meliputi tarian dan bermain angklung dengan lagu-lagu nasional dan daerah. Acara diakhiri dengan bermain angklung bersama seluruh civitas dengan lagu nasional Indonesia Pusaka Ciptaan Ismail Marzuki.  Semua peserta yang hadir tampak gembira bermain angklung bersama. (MR/IN)