Berita Fikes Online – Dalam rangka meningkatkan kapasitas untuk menghadapi bencana, mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta angkatan 2019 mengadakan acara pendidikan dan pelatihan kesiapsiagaan bencana kepada mahasiswa kesehatan masyarakat angkatan 2020 dan 2021.

Pelatihan ini merupakan bagian dari mata kuliah Praktikum Manajemen Bencana dengan penanggung jawab Dewi Utami Iriani, M.Kes, PhD dan diselenggarakan pada tanggal 17 dan 24 Juni 2022 yang terbagi dalam 5 kelompok.

Rangkaian acara terdiri dari sosialisasi bencana dan simulasi menghadapi bencana yang dilakukan secara indoor dan outdoor. Sosialisasi pelatihan disampaikan oleh beberapa dosen diantaranya Izza H, M.Kes; Dr. Iting Shofwati, M.K.K.K; dan Siti Rahma HL, M.K.K.K. Pada simulasi indoor, mahasiswa diarahkan untuk dapat melindungi dirinya ketika bencana gempa dan cara penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Sedangkan simulasi outdoor dilakukan untuk mengevakuasi dirinya keluar melalui tangga evakuasi dan berkumpul di titik kumpul (assembly point).

Peserta pelatihan yang berjumlah 111 mahasiswa merasakan manfaatnya dan berharap pelatihan ini juga diberikan kepada masyarakat sekitar kampus (DUI/L. S. P/zr)