Berita Fikes Online.- Fakultas Ilmu Kesehatan dan Program Studi Kesehatan Masyarakat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan rapat koordinasi pada hari Rabu, 6 April 2022. Rapat yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom ini dihadiri oleh dekan FIKES UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. apt. Zilhadia, M.Si, Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat, Catur Rosidati, MKM, serta dosen tetap di lingkungan prodi Kesmas. Selain sebagai bentuk silaturahim antara pimpinan Fakultas dengan dosen-dosen di di lingkungan prodi Kesmas, rapat ini juga sekaligus mengantarkan diskusi mengenai visi keilmuan program studi.

Dalam paparannya, Zilhadia mengingatkan kembali visi FIKES UIN Jakarta untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi ilmu kesehatan yang terkemuka di tingkat nasional dan global dengan keunggulan dalam mengintegrasikan aspek keilmuan kesehatan dan keislaman. Zilhadia juga menyebutkan bahwa Prodi Kesmas memiliki modal yang besar untuk mendukung FIKES menjadi pusat studi integrasi ilmu kesehatan dan keislaman. Beberapa di antaranya adalah sumber daya manusia dosen di Prodi Kesmas yang merupakan lulusan dari berbagai perguruan tinggi terkemuka baik internasional maupun nasional serta kontribusi publikasi dosen Prodi Kesmas yang cukup banyak. Juga disampaikan mengenai rencana re-akreditasi nasional prodi yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 dan rencana akreditasi internasional.

Setelah sesi paparan dari dekan, dilanjutkan sesi diskusi dengan peserta rapat. Beberapa topik yang dibahas dalam pertemuan ini antara lain tentang evaluasi pelaksanaan pembelajaran bauran, manajemen jurnal, manajemen laboratorium, dan sarana prasarana kampus.

Sesi selanjutnya adalah pengumuman yang disampaikan oleh Catur Rosidati selaku ketua Prodi Kesehatan Masyarakat. Catur menyampaikan beberapa topik dalam sesi ini antara lain mengenai pelaksanaan pembelajaran bauran, progress pelaksanaan kerja sama pengabdian masyarakat dengan beberapa Puskesmas di wilayah Dinas Kesehatan Tangerang Selatan, serta progress studi mahasiswa. (ys/zr)