Berita Fikes Onnline,- Pada Senin, 29 Agustus 2022 bertempat di Auditorium Prof M.K Tadjudin Fakultas Ilmu Kesehatan  diselenggarakan rapat koordinasi persiapan semester ganjil tahun akademik 2022-2023. Acara rakor dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Dr. Apt Zilhadia, M.Si. Dekan mengingatkan salah satu tujuan dari rapat koordinasi kali ini adalah mewujudkan visi-misi FIKES. Salah satu Misi adalah menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu Kesehatan yang berkualitas, inovatif, dan berkeadilan sesuai kebutuhan nasional dan internasional.  Zil, demikian akrab dipanggil mengatakan FIKES membiayai registrasi publikasi baik di jurnal nasional maupun internasional. Meningkatnya jumlah publikasi pada dua tahun terakhir menunjukan semakin banyak dosen yang sadar akan pentingnya melakukan penelitian. Dekan mengingatkan juga para dosen yang belum menempuh pendidikan S3 untuk segera meng-upgrade jenjang Pendidikan doktoral. Pentingnya juga mengurus kenaikan jabatan fungsional dosen. Jabatan fungsional sendiri merupakan kedudukan yang menunjukan tanggung jawab seorang dosen dalam satuan pendidikan tinggi sehingga akan meningkatkan kesempatan dosen untuk dapat mengembangkan kompetensi diri serta meningkatkan kualitas perguruan tinggi dengan kualifikasi SDM yang lebih tinggi.

Selanjutnya Dekan memaparkan hasil evaluasi pembelajaran dari mahasiswa diantaranya adalah perkuliahan tidak sesuai jadwal, kuliah kadang dilakukan di hari Sabtu atau Minggu, bahkan di malam hari, dosen terlambat hadir di kelas, ujian tidak sesuai dengan kalender akademik. Untuk itu pada semester ganjil 2022/2023 akan dilakukan pakta integritas bagi dosen untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar.

Selanjutnya Wakil Dekan I, Irma Nurbaeti M.Kep.,Sp.Mat., Ph.D, menjelaskan rencana kegiatan akademik pada semester ganjil 2022/2023. FIKES akan menyelnggarakan perkuliahan baik kuliah atau praktikum secara luring/offline, Untuk mendukung hal tersebut banyak hal yang harus disiapkan. Irma selanjutnya mengingatkan agar semua dosen PA sudah mengecek dan memvalidasi e-KRS mahasiswa sehingga saat kuliah diharapkan tidak ada mahasiswa yang belum terdaftar di mata kuliah tersebut. Pada awal perkuliahan semua Penanggung jawab mata kuliah memastikan mahasiswa sudah terdaftar di presensi.

Selain itu Irma menekankan pentingnya implementasi dan penegakkan kode etik mahasiswa sesuai dengan SK Rektor Nomor 734 Tahun 2021. Beberapa aspek yang perlu ditekankan adalah Etika akademik yaitu jujur, disiplin, tidak plagiat, tidak memalsukan nilai, Etika Berpakaian Islami, penampilan rapi, Etika Bersikap; Sopan, santun, menghormati. Dan Etika berperilaku seperti  berperilaku santun, tidak merokok. Kemudian Irma mengajak pada dosen dan staf kependidikan bekerjasama untuk mewujudkan etika mahasiswa..

Program FIKES pada semester ganjil salah satunya adalah melaksanakan Interprofesional Education/Colaboration (IPE/IPC) pada Mata kuliah Studi Islam (4sks). Program ini rencana akan berlanjut pada semester-semester selanjutnya agar terjalin Kerjasama tim dimulai dari level Pendidikan.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab, doa penutup dan foto Bersama. Rapat koordinasi dihadiri oleh dekanat, dan dosen tetap maupun dosen tidak tetap serta tenaga kependidikan FIKES UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (SW/IN)