Ciputat, Berita Fikes Online – Himpunan Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat (HMPSKM) Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan seminar kepenulisan dengan tema “Write For Your Own Legacy”. Kegiatan ini dilakukan secara online melalui aplikasi virtual Zoom Cloud Meeting pada Sabtu, (23/07). Seminar dihadiri oleh 130 peserta, terdiri atas mahasiswa UIN Jakarta dan mahasiswa yang berasal dari universitas lain.

Ketua pelaksana, Sekar Putri Ayuning mengucapkan rasa terima kasih kepada para peserta dan tamu undangan yang telah hadir. Sekar berharap acara ini dapat menumbuhkan semangat para peserta untuk menulis sebuah karya ilmiah. Dalam sambutan yang lain, Kepala Program Studi Kesehatan Masyarakat, Catur Rosidati juga berharap agar materi yang disampaikan dalam seminar dapat menjadi bekal bagi mahasiswa selama menjalani perkuliahan.

“Jika kita ingin menulis di berbagai media sosial, maka menulislah untuk membagi manfaat kepada orang banyak, bukan hanya untuk mendapat sekedar ketenaran yang tidak ada manfaatnya. Harapan setelah mengikuti seminar ini semoga dapat mengasah skill menulis dan mem-follow up diri,” ucap Catur dalam sambutannya.

Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Narila Mutia Nasir, dosen Fikes UIN Jakarta. Narila membahas etika yang harus dituruti ketika menulis karya ilmiah. Dalam penyampaiannya, Narila menjelaskan bahwa dalam membuat karya ilmiah harus berdasarkan pada fakta, tidak bersifat emosional, dan logis. Karya ilmiah tidak boleh melakukan plagiarisme. Oleh karenanya, dapat dilakukan pengecekan terlebih dahulu menggunakan bantuan aplikasi Turnitin untuk menghindari plagiarisme tersebut.

Materi kedua disampaikan oleh Hafidzh Ramadhan, Ketua Fatahillah Researchers for Science and Humanity (FRESH), unit kegiatan yang bergerak di bidang riset bagi mahasiswa. Hafidz membagikan kiat-kiat yang dapat praktis dipakai dalam menulis karya ilmiah. Selain itu, Hafidz yang menjelaskan mengenai susunan esai yang baik dan benar serta memberikan berbagai tips dalam kepenulisan. Terakhir, acara dilanjut dengan pengumuman challenge esai untuk peserta. (Maya/FJT)