Berita Fikes Online – Dalam rangka Pemilwa (Pemilihan Wakil Mahasiswa) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2022, Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah mengadakan Sosialisasi Calon Ketua dan Wakil Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Periode 2022/2023 di Zoom Meeting pada Minggu (10/04/2022).

Sosialisasi Calon Ketua dan Wakil Ketua DEMA Fikes UIN Jakarta diawali dengan pembukaan dari Dr apt Zilhadia M Si selaku Dekan Fikes UIN Jakarta. Dalam sambutannya, Zilhadia berharap visi misi dan program kerja dari Calon Ketua dan Wakil Ketua DEMA Fikes yang baru bisa berjalan seiring dengan visi misi dari Fakultas Ilmu Kesehatan yang sedang berbenah untuk dapat bereputasi Nasional dan Internasional dengan memfokuskan keunggulan integrasi antara ilmu kesehatan dan keislaman.

Calon Ketua dan Wakil Ketua DEMA Fikes Periode 2022/2023, yaitu Widaad Camilah dari Program Studi Kesehatan Masyarakat 2019 dan Aisyah Nisa Hafiyya dari Program Studi Ilmu Keperawatan 2019 menyampaikan visi misi dan program kerja unggulan yang akan diusung untuk satu periode ke depan.

Widaad mengatakan visi yang ingin dicapai adalah mewujudkan DEMA Fikes UIN Jakarta sebagai fasilitator yang aktif, inovatif, kolaboratif dan berasas kebermanfaatan, guna terciptanya sinergitas satu asa untuk Fikes UIN Jakarta. “Misi yang akan dilakukan adalah meningkatkan peran DEMA Fikes sebagai wadah pengembangan intelektual, minat dan bakat mahasiswa Fikes UIN Jakarta guna terciptanya sikap adaptif dan inovatif, misi kedua menghadirkan ruang pergerakan mahasiswa dalam memahami isu sosial dan kesehatan untuk menumbuhkan sikap responsif mahasiswa Fikes UIN Jakarta, misi ketiga mengoptimalkan sinergisitas antar organisasi internal Fikes UIN Jakarta, dan misi keempat menyelenggarakan tata kelola organisasi DEMA Fikes UIN Jakarta yang berlandaskan nilai keislaman, serta misi kelima mengembangkan potensi sumber daya manusia DEMA Fikes UIN Jakarta beriringan dengan peningkatan hubungan interpersonal yang inklusif berasas kekeluargaan” ujar Widaad dalam penyampaian misi.

Pada pelakasanaan sosialiasasi ini juga terdapat tanya jawab yang diberikan oleh pihak panelis, yaitu Zilhadia, Ida Rosyidah, dan Alifia Farisa Putri selaku demisioner, serta audiens mahasiswa Fikes UIN Jakarta. Aisyah menyampaikan bahwa program kerja unggulan yang diusung melihat dari kebutuhan masyarakat Fikes seperti menerapkan riset dan berkolaborasi dengan berbagai pihak baik internal maupun eksternal, serta menerapkan tata kelola organisasi berdasarkan nilai keislaman sebagai acuan dasar fakultas yang berlandaskan islam.

“Inovasi bukan hanya dalam bentuk program kerja saja, melainkan juga dapat berupa pengemasan dan budaya di dalam organisasi tersebut.” ujar Widaad dalam menjawab pertanyaan terkait inovasi program kerja.

Dalam membantu menangani akademik mahasiswa, terobosan yang akan dilakukan oleh pasangan calon nomor urut 2 ini dengan memberikan asupan edukasi baik melalui media sosial maupun referensi yang dapat menunjang dan membantu perkuliahan mahasiswa dan lain-lain. Widaad dan Aisyah mengatakan bahwa pemimpin bukanlah soal jabatan ataupun kedudukan, bukan pula tentang mencapai target, akan tetapi soal visi, tata nilai, keberanian, serta kemampuan untuk melakukan perubahan.

“Kami menjunjung tinggi harkat dan martabat para mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan. Hidup Masyarakat Sehat, berorientasi, berdedikasi, Hidup Mahasiswa, Hidup Rakyat Indonesia!” ujar Widaad sebagai closing statement yang menandakan telah berakhirnya sesi Sosialisasi Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua DEMA Fikes Periode 2022/2023. (zr/tim jurnasil)