Ciputat, Berita Fikes Online – Berupaya membangun jejaring relasi, Himpunan Mahasiswa Program Studi Farmasi (HMPSF) Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes)  Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar studi banding dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Farmasi (FF) Universitas Surabaya (Ubaya). Studi banding dilaksanakan secara online melalui aplikasi virtual zoom meeting pada Sabtu, (06/08) dan dihadiri oleh 77 partisipan yang terdiri dari anggota HMPSF UIN Jakarta dan anggota BEM Fakultas Farmasi Ubaya.

Jennifer Ruskim selaku Badan Pengurus Harian (BPH) BEM Fakultas Farmasi Ubaya berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat membuka pintu relasi serta terjalin silaturahmi dengan pihak eksternal, dan kedepannya dapat meningkatkan kerjasama. Jennifer juga menambahkan bahwa studi banding dapat menjadi awal lahirnya inovasi dan peningkatan kerja organisasi.

Studi banding diawali dengan perkenalan HMPS Farmasi UIN Jakarta dengan memaparkan struktur organisasinya mulai dari BPH beserta 9 departemen, beberapa diantaranya yaitu Departemen Kemahasiswaan, Departemen Pengembangan Organisasi, dan Departemen Kajian Strategis. Perkenalan struktur organisasi kemudian dilanjutkan oleh BEM FF Ubaya yang terdiri dari BPH dan 7 divisi lainnya.

Acara berlanjut ke pemaparan program kerja dari masing-masing organisasi. Salah satu program kerja yang disampaikan oleh BEM FF Ubaya adalah program “Wira Desa” dari Divisi Sosial dan Pengabdian Masyarakat, berupa gerakan kewirausahaan yang dijalankan oleh sekelompok anggota masyarakat secara bersama-sama. Program kerja lain yang mendapat sorotan yaitu dari Divisi Pengembangan Sumber Daya yang mengadakan pembekalan dan pengenalan dunia kerja bagi mahasiswa semester 5.

Selanjutnya, dilakukan sesi diskusi bersama antar divisi atau departemen yang memiliki kesamaan dalam program kerja menggunakan break out zoom. Selama diskusi, setiap anggota himpunan memaparkan kondisi dan situasi masing-masing kampus serta membagikan pengalamannya selama mengerjakan program kerja yang mereka usung. Suasana akrab begitu kental terasa selama jalannya acara. Studi banding diakhiri dengan sesi foto bersama. (Nofi/FJT)