Ciputat, Berita Fikes Online- Selasa, 12 April 2022 yang bertepatan dengan 10 Ramadhan 1443 H, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sukses menyelenggarakan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Apoteker Angkatan ke-8 di Auditorium Prof. MK. Tadjudin Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Kedokteran.

Acara ini dihadiri oleh 60 mahasiswa Program Studi Profesi Apoteker (PSPA), Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kelembagaan, Dekan FIKES dan jajarannya, Ketua Komite Farmasi nasional (KFN), Perwakilan Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI), Perwakilan Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI), Perwakilan Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI) Banten, Rohaniawan, orang tua mahasiswa serta civitas FIKES UIN Jakarta.

Acara ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Jakarta, Ibu Dr. apt. Zilhadia, M.Si yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian laporan oleh Ketua PSPA, Bapak apt. Yardi, Ph.D. Dalam laporannya, ketua PSPA menyebutkan bahwa terdapat dua orang mahasiswa yang menjadi lulusan terbaik yaitu apt. Rara Praba Andari, S.Farm (IPK 3.97 Pujian) dan apt. Neng Shella Tresnasari, S.Farm (Nilai UKAI tertinggi 83.5).

Dalam upacara ini, pengucapan lafal sumpah dipimpin oleh ketua KFN Bapak apt. Drs. Purwadi, M.M, M.E dan dipandu oleh rohaniawan yang kemudian diikuti oleh seluruh apoteker dengan penuh khidmat. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan surat sumpah, pemberian ijazah secara simbolis, pengalungan medali, dan pemberian surat kompetensi (Serkom) kepada seluruh mahasiswa apoteker serta penyerahan apoteker baru oleh ketua PSPA kepada PD IAI Provinsi Banten.

Serangkaian sambutan diawali oleh perwakilan apoteker angkatan ke-8 apt. Saif Ahmad Almutaali, dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Sekretaris Jenderal IAI apt. Dra. R. Dettie Yuliati, M.Si, Ketua KFN apt. Drs. Purwadi, M.M, M.E, Dekan FIKES Dr. apt. Zilhadia, M.Si, dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kelembagaan Prof. Dr. Lily Surayya Eka Putri, M.Env.Stud. Rangkaian kegiatan kemudian ditutup oleh Dekan FIKES UIN Jakarta dan diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Dr. Mahfudzi, MA.

Ketua Program Studi Profesi Apoteker dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar apoteker yang telah lahir ini dapat memberikan kontribusi dalam masyarakat dan tetap menjaga silahturahmi dengan kampus Fikes UIN Jakarta. Zilhadia, Dekan Fakultas ilmu Kesehatan menyampaikan bahwa apoteker uin memiliki kelebihan dibandingkan sejawat apoteker lainnya yaitu adanya integrasi keislaman dengan ilmu apoteker yang patut dibanggakan dengan lulusan apoteker kampus lainnya.