Berita Fikes online- Salah satu aspek untuk meningkatkan rekognisi FIKES dan UIN Jakarta adalah publikasi ilmiah di jurnal terindeks nasional dan bereputasi internasional. Kemampuan menulis ilmiah untuk publikasi pada jurnal terakreditasi nasional dan internasional sangat diperlukan baik oleh mahasiswa dan juga para dosen. Untuk mendukung upaya tersebut, FIKES UIN Jakarta menyelenggarakan workshop Penulisan Ilmiah bagi mahasiswa semester delapan yang sedang melaksanakan skripsi. Workshop dilaksanakan pada hari Selasa, 31 Mei 2022 secara hybrid/bauran mengingat masih ada pembatasan dan social distancing.

Dalam sambutannya Wakil Dekan I Bidang Akademik, Ibu Irma Nurbaeti, M.Kep.,Sp.Mat.Ph.D,  menyampaikan pentingnya publikasi ilmiah dilakukan sejak dini agar mahasiswa memiliki pengalaman menulis dan mengajukan artikel ilmiahnya. Dalam kesempatan tersebut Irma juga menyampaikan linieritas kualitas perguruan tinggi dengan hasil output publikasi baik nasional maupun internasional. FIKES mendorong civitas akademika untuk terus menerus meningkatkan skills penulisan ilmiah sehingga bisa mendukung misi UIN Jakarta menjadi World Class University. Tahun ini FIKES akan menyelenggarakan Internasional Conference on Health Science (ICHS) yang kedua, maka kesempatan yang baiak bagi mahasiswa untuk submit hasil penelitian dan mendapatkan pengalaman internasional. Bapak Yardi, apt., Ph.D, kaprodi Profesi Apoteker dan sekaligus Ketua ICHS tahun 2022 menyampaikan harapan mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan baik ini untuk berkontribusi pada ICHS dengan mempresentasikan hasil penelitian ditingkat internasional sekaligus dapat meningkatkan capaian publikasi FIKES UIN Jakarta.

Selanjutnya pemaparan materi workshop dengan moderator ibu Raihana Nadra Al-Kaff, Ph.D. Workshop menghadirkan tiga narasumber yang memiliki pengalaman menerbitkan jurnal bereputasi internasional. Narasumber pertama adalah Ibu Ismiarni Komala, apt., Ph.D. Ibu Ismi merupakan dosen Farmasi dengan H indeks dan i-indeks tertinggi di FIKES UIN Jakarta (H-indeks 10 dan i-indeks 10). Ismi menyampaikan materi the secret of editor dan strategi penulisan ilmiah penelitian eksperimen. Ismi menekankan kiat menghindari plagiarisme terutama pada penulisan metode penelitian, karena pada penelitian eksperimen metode biasanya baku. Selanjutnya pemateri kedua Ibu Rahmah Hida Nurrizka, MKM memaparkan pengalaman melakukan penulisan ilmiah penelitian non-eksperimen, sedangkan pemateri ketiga M. Iqbal Nurmansyah, SKM., M.Sc memaparkan kiat dan strategi lolos review pertama pada jurnal terindeks nasional dan internasional.   Setelah pemaparan pemateri dilanjutkan dengan tanya jawab, dan kemudian setelah istirahat makan siang dan sholat acara dilanjutkan dengan melakukan diskusi kelompok penulisan abstrak yang akan disubmit pada ICHS FIKES Tahun 2022. Workshop dihadiri oleh 151 peserta baik offline dan online. (IN)