Berita FIKES Online- Dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa, telah terlaksana Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) yang diselenggarkan oleh Prodi Kesehatan Masyarakat di Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tanggal 16-17 November 2018. Pelatihan diisi oleh Tim atau Instruktur BHD dari Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Jakarta Raya yang sudah berpengalaman. Pelatihan diikuti oleh Mahasiswa Kesehatan Masyarakat semester 7 berjumlah sekitar 100 orang. (Sabtu, 17/11/2018)

Pelatihan hari pertama (16/11/2018), peserta diberikan materi terkait Bantuan Hidup Dasar dan Resusitasi Jantung Paru (RJP). Dengan mempelajari materi tersebut diharapkan mahasiswa mampu memahami tehnik melakukan BHD dan teknik melakukan RJP. Pelatihan hari kedua (17/11/2018) dan hari ketiga (18/11/2018), peserta menjalani praktek dari apa yang telah mereka dapatkan pada hari pertama pelatihan. Praktik dibagi menjadi tiga sesi, yaitu skill station 1 CPR-AED, skill station 2 CPR-Bayi dan skill station 3 Pengelolaan Airway.

“Dengan adanya pelatihan ini, mahasiswa sebagai ahli kesehatan masyarakat diharapkan mampu dan terampil dalam melakukan pertolongan Bantuan Hidup Dasar (BHD) pada masyarakat. Selain itu, hasil dari pelatihan ini (red: sertifikat) juga bisa digunakan sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah.” Ujar Fajar Ariyanti, Ph.D selaku ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat. (DA/ZR)