Kegiatan Matrikulasi Calon Mahasiswa PBSB Sudah di Mulai

Berita FIKES Online- Pembukaan Kegiatan Matrikulasi calon mahasiswa/peserta program beasiswa santri beprestasi sudah buka di Ruang Auditorium MK Tadjudin Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selasa (3/7/2018)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para pimpinan pesantren yang mewakilinya beserta Kasubdit Pendidikan Pesantren Basnang Said dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangkaraya Sahdin Hasan.

Tes seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) telah dilaksanakan pada tanggal 14 – 17 Mei 2018. Tes dilakukan berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT) bahwa tes seleksi PBSB telah diikuti 6.910 santri untuk seluruh PTKIN dan UIN Jakarta mendapat kuota penerimaan sebanyak 48 santri.

Basnang Said berpesan kepada calon mahasiswa PBSB bahwasanya dalam kesempatan yang baik ini dimanfaatkan untuk menunjukan kemampuanya sebagai mahasiswa dari santri.

“Tunjukan kehebatanmu, tunjukan kemampuanmu, tunjukan walaupun dari daerah tetapi tidak kampungan”, terang Said dalam sambutanya

Tantangan untuk menjadi mahasiswa PBSB Said menghimbau supaya lebih bersabar melawati empat tahun untuk jangan menikah selama menjadi mahasiswa dengan maksud supaya tidak mengganggu perkuliahan.

Program Beasiswa Santri Berprestasi merupakan program dari kementerian agama RI yang bertujuan untuk memberi kesempatan kepada santri menjadi generasi masa depan bangsa dengan harapan 20-30 tahun kedepan akan berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara.

“kalian adalah yang akan mengganti kita di masa 20-30 tahun yang akan datang” tambah Said

Kepala Dinas Pendidikan yang mewakili Walikota Palangkaraya Sahdin Hasan yang ikut hadir dalam sambutanya menyampaikan “Untuk kota Palangkaraya ini merupakan tahun yang ke-2, tahun yang lalu lebih banyak, tahun ini alokasi anggaran berkurang sehingga ditergetkan untuk tahun ini 10 orang”

“Merupakan berkah bagi kami untuk diterima di FIKES UIN Jakarta” tambah Sahdin Hasan

Acara tersebut selain dihadiri oleh Kasubdit Pendidikan Pesantren juga dihadiri oleh Dekan FIKES UIN Jakarta Arif Sumantri dan juga para Wadek, Kabiro bidang akademik dan kemahaisiswaan, serta Ketua panitia penyelanggara. Acara berjalan dengan lancar dan ditutup dengan doa disambung dengan sesi poto bersama

Sebagai informasi PBSB adalah kepanjangan dari Program Beasiswa Santri Berprestasi. Program unggulan kementerian agama yang dicanangkan sejak tahun 2005 telah berhasil melahirkan intelektual-intelektual religius  dan nasionalis.(ZR)