Ciputat, BERITA Fikes Online— Fikes UIN Jakarta menggelar kuliah pakar dengan tema The Practice of Healthcare Quality Management Technique secara daring melalui zoom meeting pada Kamis (17/06/21).

Diundang dalam Kuliah Pakar tersebut narasumber berkebangsaan Jepang Dr Shinsuke Murai DDS PhD selaku Assistant Director at Division of Global Health Policy and Research, National Center for Global Health and Medicine.

Dekan Fikes Dr apt Zilhadia MSi berkesempatan untuk memberikan sambutan serta harapan dengan diadakan kegiatan tersebut pada pembuka acara.

“Dengan diadakannya Kuliah Pakar kali ini, kita ingin mengetahui kualitas praktik pelayanan kesehatan tidak hanya di rumah sakit, tapi juga pada komunitas,” ujar Zilhadia.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber yang dimoderatori Dosen Prodi Kesehatan Masyarakat Mochamad Iqbal Nurmansyah SKM MSc.

Pada kesempatan tersebut, Shinsuke memaparkan materi mengenai proyek untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan yang dijalankannya selama 5 tahun sejak Februari 2016 lalu.

Menurutnya, proyek tersebut dapat digunakan sebagai model untuk meningkatkan kualitas pelayanan fasilitas kesehatan. Ia juga mendorong pentingnya budaya lokal dalam program pengembangan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.

“Peningkatan kualitas dapat bergerak maju dengan adanya pelatihan dan dorongan yang dibuat untuk orang yang bisa beradaptasi dengan teknik manajemen kualitas yang sesuai dengan kondisi melalui trial dan error serta mempertimbangkan budaya lokal dan keterbatasan lainnya,” ujar Shinsuke menutup paparannya. (Ayu Yuraini/FJT)